Bidang Meterologi Disperindag Kota Bekasi Benarkan Tera Ulang Sejumlah SPBU di Kabupaten Bekasi

Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi saat melakukan Sidak disejumlah SPBU

BEKASI SELATAN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota bekasi menanggapi terkait ada temuan SPBU diwilayah Kabupaten Bekasi yang melakukan tera ulang di Meterologi Kota Bekasi saat sidak oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, selasa (29/8/2017).

Supardi, Kepala Seksi Laboratorium, Bidang Meterologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi membenar bahwa Dinasnya melakukan tera ulang SPBU di wilayah Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, kenapa bidang Meterologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota bekasi melakukan tera ulang di SPBU karena sudah sesuai dengan UU perdagangan no 23 tahun 2015. Sebelumnya urusan kemeteorologian adalah tanggung jawab Provinsi yang berada di Karawang. Setelah adanya surat edaran Menteri Perdagangan dan Menteri Dalam Negeri tentang penyerahan kewenagan Meteorologi kepada Pemerintah Kota/Kabupaten.

“Kebetulan Bidang Meterologi di Kota Bekasi sudah eksis, sedangkan Meteorologi yang berada di Karawang sudah tutup, jadi pendelegasiannya sudah di serahkan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota,” kata Supardi saat ditemui dikantornya, rabu (30/8/2018).

 

Supardi menuturkan, kenapa Bidang Meterologi Kota Bekasi bisa tera ulang SPBU di Kabupaten Bekasi, karena bidang Meteorologi Kota Bekasi sudah eksis dari tahun 2016. Untuk di wilayah Kabupaten Bekasi sendiri kan belum tau apakah sudah siap apa belum untuk melakukan tera ulang SPBU.

“Ketentuanya, apabila daerah itu belum mempunyai struktur organisasi bidang kemeteorologian dibolehkan untuk bekerja sama dengan daerah lain. Jadi dari pihak SPBU diajukan permohonan tera ulang ke bidang Meteorologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi,” jelasnya.

“Jadi tidak menyalahi aturan, karena sudah sesuai dengan surat edaran dari Menteri Perdagangan, kita juga sudah menawarkan ke Kabupaten Bekasi cuma belum siap mungkin,” tambahnya.

Supardi juga mengaku kurang mengetahui berapa jumlah SPBU di Kabupaten Bekasi yang telah melakukan mengajukan permohonan tera ulang dan berapa SPBU yang sudah di tera ulang oleh Bidang Meterologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi.

“Saya kurang tau berapa jumlahnya, yang tau persis adalah petugas peneranya, berdasarkan permohonan memang ada beberapa SPBU yang di tera ulang,” kelitnya.

“Kita juga baru melakukan tera ulang SPBU di Kabupaten Bekasi baru dilakukan tahun ini, karena tahun sebelumnya masih dilakukan oleh Meterologi Karawang,” pungkasnya.(RON)