Tim GTPN 2017 Menuju Lahat, Disambut Antusias Masyarakat Musirawas

MUSIWARAS – Sebelum melanjutkan rute perjalanan menuju Kota Lahat, Gowes Touring Pesona Nasional (GTPN) sempat mencoba lift inclinator yang digunakan untuk menaiki Bukit Sulap.

Panorama keindahan Bukit Sulap terpampang indah didepan mata, menambah kecintaan dan kebanggaan tim pada tanah air. Program yamg diusung Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini selain memperkenalkan kepada masyarakat pada olah raga sepeda juga menumbuhkan jiwa patriotik dan kecintaan pada tanah air kepada pemuda dengan mengayuh sepeda beribu ribu kilometer mengelilingi nusantara.

Tim GTPN 2017 memasuki Etape 4 di hari kedua dan menempuh perjalanan dari Lubuk Linggau ke Lahat melalui wilayah Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Empat Lawang. Di dua Wilayah Kabupaten ini tim gowes juga disambut pimpinan daerah dan jajaran Muspida.

Sebelum menempuh perjalanan tim melakukan briefing di depan Hotel Transit oleh Road Captain Martha dan Athlet Manager, Woro Wigati.

Road Captain, Martha dalam briefing mengingatkan kepada tim untuk berhati – hati dalam menempuh perjalanan mengingat jalur yang akan dilewati touring banyak dilalui truk pengangkut batubara. ” Meski medan yang akan kami tempuh cenderung landai tak seperti hari sebelumnya yang mendaki, kami selalu mengingatkan kepada tim untuk tidak mengambil jalur berbahaya, hati -hati dan ambil jalur aman, karena ada beberapa rollingan,” kata Martha mengingatkan.

Lalu tim diajak Walikota Lubuklinggau. H. SN Prana Putra Sohe, menuju Masjid Agung dan mencoba inclinator di Bukit Sulap. Inclinator ini merupakan lift untuk menaiki Bukit Sulap dan satu inovasi pertama di Indonesia, karena Bukit Sulap dijadikan sebagai arena Kejuaraan Sepeda Down Hill Internasional beberapa tahun terakhir.

Jarak yang ditempuh kali ini dari Lubuklinggau – Lahat kurang lebih mencapai 145 km dan kondisi cuaca cerah. Tim GTPN pun dilepas Walikota Lubuklinggau dari Masjid Agung menuju Kota Lahat setelah berfoto bersama.

Setibanya Tim Gowes di Kantor Pemerintah Kab. Musirawas, rombongan disambut langsung oleh Wakil Bupati Hj Suwarti, berserta unsur Forum Pimpinan Daerah Musirawas.

Touring gowes ini diharapkan menjadi ajang memperkenalkan destinasi wisata di Kabupaten Musirawas serta menumbuh kembangkan olah raga bersepeda dan hiburan bagi masyarakat, seperti yang disampaikan Bupati Musirawas, H. Hendra Gunawan dalam pidato sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Musirawas, Hj.Suwarti.

” Penyerahan tanah dan air tadi semakin mempererat tali persaudaraan kita sebagai bangsa Indonesia dan kami pun bangga daerah kami dilewati kegiatan GTPN ini ” jelas Hj.Suwarti.

Dari Kemenpora yang diwakili Tuparno. S.Ip, MM Kapala Bidang (Kabid) Olahraga Pendidikan Dasar dan Bambang Pamungkas, S.Kom selaku Kepala Sub. Bidang (Kasubbid). Pengembangan Olahraga Pendidikan Menengah, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan hangat dari Pemerintah Kabupaten Musirawas dan jajaran Muspida, karena tujuan dari tour gowes ini tidak hanya berhenti sampai disini saja. Beliau berharap hikmah dari event GTPN 2017, mampu mewujudkan masyarakat yang sehat dan berprestasi.
“Event ini juga menjadi ajang silaturahmi antar kabupaten dan propinsi se nusantara menjadi semakin bertambah kuat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Bapak Bambang Pamungkas, S.Kom Kasubbid Pengembangan Olahraga Pendidikan Menengah, s prosesi penyambutan kedatangan Tim Gowes oleh Pemkab. Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, Rabu (19/7/2017).

Antusias dan animo para pelajar dan masyarakat terhadap program pemerintah dalam menyongsong Hari Olahraga Nasional (Haornas) di sepanjang jalur yang dilewati 15 peserta gowes membuat Tim GTPN 2017 merasa terharu dan bertambah semangat.

Kondisi alam yang bersahabat tanpa hujan dan tanpa ada pendakian yang tajam, cenderung flat dengan beberapa rolling, tim gowes akhirnya sampai diperbatasan daerah Empat Lawang, Sumatera Barat.

Meski Tim gowes menempuh perjalanan dengan membelah perkebunan kelapa sawit dan karet yang banyak menjumpai truk -truk pengangkut kelapa sawit, namun tim gowes tetap semangat dan sukses menyelesaikan perjalanannya tanpa ada hambatan dan aral melintang.

Kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara ini merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga. Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang, untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Dengan sampainya Tim GTPN di Kabupaten Lahat, berarti tim gowes telah mencapai jarak perjalanan 290 km dari total jarak 604 Km Etape Empat dari Bengkulu ke Palembang, setelah sebelumnya merampungkan Etape Dua sejauh 727 km dari Balige Sumatera Utara dan finish di Padang, Sumatra Barat dan juga menyelesaikan Etape Pertama yang menempuh jarak 1168 dari kilometer 0 Sabang dan Finish di Balige Sumatera Utara. (*)