Demo di KPK, Mahasiswa Desak SN Ditetapkan Tersangka

Massa HMI desak KPK segera tetapkan Setya Novanto sebagai tersangka dalam demo yang dilakukan, selada (2/5/2017) di Gedung KPK Jakarta

JAKARTA-Sejumlah Mahasiswa berdemo di KPK, Selasa (2/5) siang ini mendesak agar Ketua Umum Partai Golkar SN ditetapkan sebagai tersangka.

Ketua Umum HMI Indonesia Muhammad Fajroel, menurutnya kasus mega koruspi e-KTP yang menyita mata seluruh rakyat Indonesia sangat merugikan masyarakat dan negara.

“Hari ini, kita menggelar aksi agar pihak KPK sesegera mungkin menetapkan SN jadi tersangka,” tuturnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan Setya Novanto terlibat atas korupsi proyek KTP elektronik. Keterlibatan Setnov, panggilan akrab Setya Novanto, tertuang dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto, pejabat di Kementerian Dalam Negeri.

” Iya pasti. Setiap kalimat dalam surat dakwaan kita sudah konfirmasi dengan minimal dua alat bukti, kalau ada pihak yang membantah silakan tapi kita punya dua alat bukti,” kata Jaksa KPK, Irene Putri di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis 9 Maret 2017.

Irene juga meyakinkan Setnov termasuk salah satu dari lima orang penggerak adanya korupsi KTP elektronik.

“Iya lima orang itu dulu,” katanya kepada awak media.

Lima orang yang dimaksud dalam surat dakwaan adalah, Diah Anggraini(Sekjen Kementerian Dalam Negeri), Irman (mantan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri), Sugiharto (mantan Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian Dalam Negeri), Andi Agustinus alias Andi Narogong (pengusaha yang bermitra dengan Kementerian Dalam Negeri) dan Setya Novanto yang menjabat ketua fraksi Golkar saat kasus korupsi terjadi.

Selain itu, dia memastikan uang pelicin proyek tersebut juga mengalir ke seluruh partai politik yang dianggap terlibat proyek tersebut. ” Iya (mengalir) ke seluruh parpol saat itu,” katanya.(BB)