Daftar JKN-KIS Kini Bisa Lewat Telpon

BPJS Kesehatan KCU Bekasi menggelar konferensi pers Senin (15/5)

BEKASI – BPJS Kesehatan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau memginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarga sebagai pesersta JKN-KIS. Khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta mandiri kategori Bukan Pekerja (BP), BPJS Kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400

Kini Calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi 1500-400, calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau Virtual Service. BPJS Kesehatan Care Center yang sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelolaan media sosial maka saat ini dikembangkan fungsinya.

“Kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di kantor BPJS kesehatan lagi. Cukup dengan menghubungi care center, peserta bisa melakukan pendaftaran via telepon,” kata kepala Kantor Cabang Utama Kota Bekasi, Siti Farida Hanoum dalam konferensi pers yang dilakukan Senin (15/5) di kantor BPJS Kesehatan.

Farida menjelaskan, peserta yang dapat melakukan pendaftaran via telepon ialah peserta dengan kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), peserta mandiri, serata Bukan Pekerja (BP).

Sebelumnya, Farida mengatakan, sebanyak 25 kantor cabang BPJS Kesehatan telah melakukan ujicoba, salah satunya kota Bekasi.

“Kemarin sudah dilakukan ujicoba per tanggal 1 Maret, untuk Kota Bekasi sendiri ada 42 peserta yang melakukan proses pendaftaran melalui ujicoba tersebut. Istimewanya, dengan melakukan pendaftaran via telepon, kartu JKN-KIS yang didaftarkan nantinya akan diantar langsung ke alamat pendaftar,” terangnya