Forum BSB Kabupaten Bekasi Tampilkan Kreasi Daur Ulang di Peresmian Lini Produksi ASSP CCAI Cikedokan

Forum Bang Sampah Bekasi kabupaten Bekasi memperagakan daur ulang sampah saat peresmian lini produksi ASSP CCAI Cikedokan, selasa (4/4/2017)

Bekasi – Forum Bank Sampah Bekasi (BSB) Kabupaten Bekasi menampilkan beberapa kreasi daur uang di peresmian lini produksi teknologi Affordable Small Sparkling Package (ASSP) di pabrik Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Cikedokan Plant, Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, selasa (4/4/2017)

“Kreasi daur ulang yang ditampilkan berupa pot tanaman talang vertikultur dari botol pastik, lampion dari botol plastik dan ecobrick berupa satu set meja dan dua buah kursi,” ujar ketua BSB, Muhammad Suhapli.

Cara pembuatan ecobrick juga langsung diperagakan oleh Agus Riyanto dari tim BSB.

Ecobrick adalah suatu metode cara pemanfaatan sampah plastik kembali untuk mengurangi polusi sampah plastik. Dimana botol plastik yang didalamnya telah diisi sampah-sampah plastik hingga penuh kemudian dipadatkan sampai menjadi keras. Setelah isi botol plastik penuh dan keras, selanjutnya botol-botol tersebut bisa dirangkai dengan lem dan dibentuk menjadi berbagai macam benda seperti menjadi meja, kursi, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat tembok selayaknya batu bata.

Kreasi ecobrick menarik perhatian beberapa tamu undangan yang dihadiri oleh para pejabat Coca-Cola Amatil Indonesia, The Coca-Cola Company, para pejabat negara dan daerah.

Acara peresmian lini produksi teknologi ASSP ini diakhiri dengan penanaman pohon oleh Managing Director Coca-Cola Amatil Group Alison Watkins, President Director Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz sebagai peresmian Coca-Cola Forest di pabrik CCAI Cikedokan yang merupakan hutan keempat yang dikembangkan oleh CCAI setelah Lampung, Sumedang dan Semarang.

Coca-Cola Forest merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) CCAI untuk membantu pengelolaan lingkungan dengan pengadaan pembibitan dan penanaman pohon. Dengan empat program utama, yakni: pembibitan untuk donasi, pembuatan kompos, daur ulang plastik, dan pengembangan masyarakat.(RON)