DPRD Dukung Akreditasi Puskesmas di Kota Bekasi

Rahmawati, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi

BEKASI TIMUR -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi menyatakan dukungannya terkait proses Akreditasi Puskesmas di Kota Bekasi hingga tahun 2018.

“Akreditasi ini menargetkan 31 Puskesmas, sesuai dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pemerintah daerah dan instruksi Walikota Bekasi Rahmat Effendi,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi Rahmawati, senin (10/4/2017).

Rahmawati menilai Akreditasi Puskesmas ini diperlukan untuk mengevaluasi respon masyarakat terhadap pelayanan dasar kesehatan di Puskesmas.

“Selain itu juga akreditasi diperlukan untuk membangun iklim kompetisi antar Puskesmas dalam rangka meningkatkan mutu dan layanan kesehatan,” ulas Rahmawati.

“Kami sangat mendukung penuh program akreditasi ini agar 31 Puskesmas di Kota Bekasi segera terakreditasi seluruhnya. Kami juga berharap dengan adanya proses akreditasi ini juga dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan dasar masyarakat,” papar Rahmawati menambahkan.

Lebih lanjut Rahmawati berharap seluruh Puskesmas di Kota Bekasi mampu memberikan pelayanan 24 jam untuk persalinan. “Puskesmas merupakan pelayanan dasar yang terdekat dengan masyarakat, tentunya Puskesmas juga harus didukung dengan fasilitas dan sarana serta SDM yang handal,” katanya.

Terkait minimnya tenaga medis di Puskesmas, Rahmawati berharap bukan hanya dokter tapi juga bidan, perawat, ahli farmasi, analis kesehatan serta Humas juga sangat diperlukan untuk pelatanan ke masyarakat. “Mereka juga bisa membantu mensosialisasikan program pelayanan kesehatan di Puskesmas kepada masyarakat,” pungkasnya.(ADV)