CCAI dan Forum Bank Sampah Bekasi Gelar Pelatihan Ecobrick

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Bekasi bersama Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi gelar pelatihan Ecobrick kepada 150 anggota Bank Sampah, Selasa (21/2/2017).

CIBITUNG – Bertepatan denga Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati pada 21 Februari 2017, Cola-Cola Amatil Indonesia (CCAI) kerjasama dengan Forum Bank Sampah Bekasi (BSB) Kabupaten Bekasi memprakasai Pelatihan Ecobrick di Audotorium CCAI Cibitung Plant, jl. Teuku Umar, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Selasa (21/2/2017). Pelatihan Ecobrick di hadiri oleh perwakilan DLH Kabupaten Bekasi, Camat Cikarang Barat Junaefi, serta anggota Bank Sampah Nusantara dan kelompok dari Forum Bank Sampah Bekasi (BSB) Kabupaten Bekasi

“Pelatihan Ecobrick hasil kerjasama CCAI dan Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi. Para peserta diajak belajar mengena pemanfaatan inovatif sampah botol plastik dalam kehidupan sehari-hari secara jangka panjang dan solusi plastik ke solusi yang mendalam,” ujar Nurlida Fatmikasari, Regional Public Affairs & Communications Manager.

Ecobrik adalah suatu metode cara pemanfaatan sampah plastik kembali untuk mengurangi polusi sampah plastik. Dimana botol plastik yang didalamnya telah diisi sampah-sampah plastik hingga penuh kemudian dipadatkan sampai menjadi keras. Setelah isi botol plastik penuh dan keras, selanjutnha botol-botol tersebut bisa dirangkai dengan lem dan bentuk menjadi berbagai macam benda seperti menjadi meja, kursi, bahkan bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat tembok selayaknya batu bata.

Muhammad Suhapli, Ketua Forum Bank Sampah Bekasi, mengatakan, aksi Ecobrick tidak hanya mengurangi sampah plastik, tapi pemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dimanfaatkan menjadi beragam produk sehingga dapat nilai ekonomi, bernilai seni dan sekaligus sebagai peluang bisnis nantinya.

Pelatihan Ecobrick ini diawali dengan pemahaman mengenai lingkungan, pemutaran film lingkungan, pemanfaatan plastik secara inovatif dan ecobrick, pelatihan teori dan praktek membuat ecobrick dan modulnya. Diakhiri dengan kontes ecobrick di antara para peserta.

Coca-Coca Amatil Indonesia (CCAI), merupakan salah satu produsen minuman non-alkohol siap saji terbesar di Asia Fasifik, mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 1992. Hingga saat ono CCAI menoperasikan delapan pabrik di seluruh Indonesia. (JRO)