Pendapatan Pajak Daerah di Jatisampurna Terus Meningkat tiap Tahun

Kepala UPTB Pendapatan Daerah Kecamatan Jatisampurna, Agustinus Prakoso

JATISAMPURNA – Kepala UPT Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kecamatan Jatisampurna, Agustinus Prakoso mengungkapkan bahwa pendapatan dari pajak daerah sejak dirinya menjabat tahun 2015 terus mengalami peningkatan atau bisa dikatakan melampaui target setiap tahunnya.

“Target tahun 2015 adalah 24,6 miliar tercapai lebih dari 26,4 miliar, tahun 2016 di target 30,76 miliar tercapai 37,6 miliar, sedangkan untuk tahun 2017 ditarget 43,6 miliar, saya optmis tahun ini bisa tercapai di kisaran 45-47 miliar,” kata Agus, selasa (28/2/2017).

Menurutnya, kontribusi pajak terbesar untuk wilayah kecamatan Jatisampurna adalah pajak restoran yang mencapai 24 miliar pertahun atau sekitar 60 persen dari pajak yang lain. Pajak hiburan juga potensinya luar biasa, tahun ini aja sudah diangka 4 miliar untuk hiburan saja.

“Pajak restoran sangat besar potensinya seperti di Mall Ciputra, Plasa Cibubur dan sepanjang jalan raya alternatif. Jatisampurna termasuk wilayah berkembang, tahun ini maupun tahun depan saja ada beberapa hotel baru yang akan dibuka,” jelasnya

Agustinus mengatakan, bagi calon wajib pajak yang belum mau menjadi wajib pajak sesuai perda akan dikenakan sanksi, baik pidana atau perdata, tetapi secara keseluruhan kesadaran para pengusaha di wilayah Jatisampurna sangat tinggi untuk bayar pajak, yang penting kita mau turun untuk mensosialisasikan pajak daerah itu seperti apa, untuk masalah pembayaran mereka akan bayar secara online.

“Sesuai Perda calon wajib pajak yang belum mau menjadi wajib pajak akan dikenakan sanksi secara pidana maupun perdata, tetapi secara keseluruhan kesadaran para pengusaha bayak pajak masih sangat tinggi,” tuturnya. (JRO)