Lima TKA Ilegal Asal Tiongkok Diamankan di Cirebon

Ilustrasi

BANDUNG – Lima Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok ditemukan tanpa izin dokumen resmi di Blok Masjid RT 01/03 Desa Gempol, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.

Lima WNA Tiongkok itu di antaranya dua orang wanita bernama Zhang Hongmei, Liu Meihua dan tiga pria, yaitu Fan Chunyu, Sun Shuilai, Sun Dongjie. Mereka diketahui sebagai pekerja pabrik yang dimiliki mantan Kuwu Desa Winong, H. Rodiah.

“Setelah pemeriksaan administrasi, pasport nihil, visa nihil, hanya ada surat keterangan domisili Desa Gempol yang ditandatangani RT, RW dan Kepala Desa,” ungkap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat (6/1/2016).

Yusri menjelaskan, mereka diamankan tim gabungan yang terdiri dari Imigrasi, Polres, Kodim, Polsek dan Koramil wilayah hukum Cirebon pada Kamis 5 Januari 2017 sekitar pukul 12:50 WIB.

Aktivitas WNA ini, terhendus ketika ada laporan ke Babinsa dari masyarakat, bahwa terdapat warga asing menetap di kamar kos.

“Kemudian dicek ke TKP, ternyata benar. Menurut keterangan perangkat Desa Gempol, keberadaan orang asing itu untuk bekerja di pabrik kapur di Gunung Gua Macan, Kecamatan Gempol,” jelasnya.(FJC)