Kuota Haji Jabar Tahun ini Bertambah 10 Ribu

ilustrasi

BANDUNG – Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan tambahan kouta haji sebanyak 10 ribu ke Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2017.

Untuk pembagian ke berbagai Kabupaten/Kota, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemnag) Jawa Barat tunggu petunjuk dari Kementerian Agama.

Meskipun sudah dipastikan mendaptakan tambahan kuota haji, namun belum dilakukan oleh Kanwil Kemenag Jawa Barat.

Kapala Sub Bagian Inmas Kanwil Kemenag Jawa Barat, Ahmad Sidik menjelaskan, memang ada penambahan 10 ribu, namun untuk mekanisme sebarannya masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

“Memang ada penambahan untuk Jawa Barat, namun hingga saat ini belum ada ketentuannya seperti apa. Kita tunggu dari pemerintah pusat,” kata Sidik, saat dihubungi Selasa (24/1/2017).

Lajut Sidik, yang berangkat tahun 2017 ini memang yang mendaftar dari tujuh tahun kebelakang, tapi tetap tergantung dari Kabupaten/Kota masing-masing.

” Untuk tahun keberangkatan memang itu tergantung pada masing-masing Kabupaten/Kota. Setiap daerah berbeda,” ujar dia.

Penambahan kuota haji tersebut karena adanya kepastian dari Pemerintah Arab Saudi yang memberikan kuota haji untuk Indonesia menjadi 211 ribu. Sementara untuk Jawa Barat sendiri menjadi sekitar 38 ribu calon haji tahun 2017 dari tahun lalu 37.620 jemaah.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan, hal itu sudah ideal untuk kouta haji di Jawa Barat, mengingat jumlah antrean calon jemahaan yang sudah banyak di Jawa Barat.

“Saya sangat merespon wacana penambahan kuota haji tersebut, kemudian juga dari segi jumlah sudah profesional. Dengan demikian, itu dapat mempengaruhi percepatan daftar tunggu calon jemaah haji di Jawa Barat,” tutur Demiz.(FJC)