Job Fair Bekasi 2016 di Padati Pencaker Luar Bekasi

 Para pencaker memadati Bursa Lowongan Kerja Bekasi 2016 yang dilaksanakan di Bekasi Cyber Park, kamis (13/10/2016) Para pencaker memadati Bursa Lowongan Kerja Bekasi 2016 yang dilaksanakan di Bekasi Cyber Park, kamis (13/10/2016)[/caption

BEKASI SELATAN – Banyaknya jumlah pencari kerja yang memadati Bekasi Job Fair 2016 bisa menjadi salah satu bukti nyata jika jumlah pengangguran di wilayah Bekasi cukup tinggi. Pasalnya dari sekitar 2500 posisi kerja yang ditawarkan, jumlah pencari kerja yang datang melebihi angka 50 ribu pelamar kerja. “Hal itu tidak bisa dijadikan indikasi atau ukuran.

Masalahnya yang datang di Bekasi Job Fair ini ternyata bukan warga Bekasi saja, melainkan juga datang dari wilayah sekitar Bekasi,” sangkal Suhartono SH, Kasie Penempatan Tenaga Kerja Kota Bekasi saat ditemui di lokasi Bekasi Job Fair 2016 lantai 2 Bekasi Cyber Park (13/10/2016).

Sebagai pihak penyelenggara acara, Suhartono berkilah jika pihaknya tidak bisa membatasi dan menyeleksi setiap pencari kerja yang datang untuk mencoba peruntungan di Bekasi Job Fair 2016. Selain hak setiap orang untuk mendapatkan kesempatan kerja yang sama, hal ini juga sudah diatur dalam UUD 45. “Kita tidak bisa memilih pancari kerja mana yang bolehdatang. Dan ternyata yang datang bukan saja dari Bekasi, melainkan banyak yang dari luar Bekasi, seperti Bogor, Ciamis dan Jakarta,” akunya.

Keberadaan tahun ajaran baru juga bisa menjadi sebab melonjaknya jumlah pencari kerja. Menurut Suhartono, siklus pencari kerja akan selalu mengalami peningkatan yang signifikan sebanding dengan jumlah kelulusan di tingakat pendidikan.

“Keberadaan Job Fair seperti ini tentu menjadi magnit bagi angkatan kerja dari daerah mana saja. Oleh sebab itu banyaknya pencaker di Bekasi Job Fair ini tidak bisa dijadikan indikasi jika di wilayah Bekasi angka pengangguranya tinggi,” jelas Suhartono.