Wisata Diving Jadi Destinasi Unggulan Pulau Alor

pulau-alor_1

KUPANG – Kabupaten Alor merupakan wilayah yang memiliki potensi alam menarik dan perlu banyak digali. Salah satu upaya promosi yang dilakukan pemerintah daerah adalah gelaran Expo Alor. Hal itu lantas mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Pemprov NTT.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengapresiasi upaya promosi potensi daerah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Alor.

“Ketika Expo Alor diadakan beberapa tahun lalu banyak wisatawan dari Darwin Australia ikut serta dalam kegiatan tersebut, mereka (wisatawan dari Darwin) sangat tertarik dengan keindahan wisata di Alor terlebih untuk diving,” kata Marius di Kupang Rabu (3 Agustus 2016).

Menurut Marius, wisata bawah laut di Alor juga terpilih sabagai salah satu destinasi wisata unggulan dalam kategori tempat diving terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia yang diadakan oleh salah satu lembaga di Jakarta.

“Wisata diving di Alor merupakan salah satu kategori dalam enam destinasi wisata unggulan di NTT yang masuk dalam daftar wisata unggulan dari Anugerah Pesona Indonesia oleh lembaga di Jakarta melibatkan semua provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Ia menambahkan, karena gencarnya promosi pariwisata yang mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara, maka potensi Kabupaten Alor saat ini sudah masuk dalam kalender pariwisata dunia sehingga hal tersebut menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk berlomba melakukan promosi wisata daerahnya.

“Alor menjadi salah satu contoh untuk menggerakkan kabupaten lain di provinsi berbasis kepulauan ini untuk mengadakan kegiatan serupa agar mempromosikan potensi daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucap Marius.