Semua Pohon di Kota Bogor Jalani Pengecekan dan Diberi KTP

Walikota Bogor Bima Arya saat mendampingi pemeriksaan pohon yang ada di Bogor
Walikota Bogor Bima Arya saat mendampingi pemeriksaan pohon yang ada di Bogor

BOGOR – Mendukung Kota Bogor menuju kota yang lebih baik, indah dan nyaman, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan melaksanakan pemeriksaan “kesehatan” bagi pohon-pohon yang tersebar di Kota Bogor. Dengan pemeriksaan ini, nantinya pohon-pohon yang ada akan memiliki “KTP”. Bima terlihat ikut mendampingi Tim Peneliti Balitbang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat melakukan pengecekan salah satu pohon di Jl. Ir. H. Juanda Kota Bogor, Selasa (9/8).

Menggunakan alat Sonic Tomograph, lewat pengecekan pohon ini akan terlihat kondisi dalamnya, apakah sehat atau tidak. ”Usai diperiksa nantinya pohon-pohon tersebut akan terlihat kondisinya. Jika sehat akan diberi kartu dan KTP yang berisi data terkait pohon tersebut,” kata Walikota Bogor Bima Arya.

Nantinya, sambung Bima, Tim Litbang akan memberikan rekomendasi. Untuk pohon yang sehat ditempeli kartu warna hijau, kurang sehat warna kuning, dan tidak sehat ditempel kartu merah. “Untuk yang mendapat kartu warna merah akan diambil tindakan atau eksekusi sesuai rekomendasi, ” jelas Bima.

Sementara itu Peneliti Senior Ahli Tanah dan Karbon Badan Litbang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prof. Chairil Anwar Siregar mengungkapkan keberadaan pohon tidak hanya dari segi estetikanya saja tapi juga fungsi konservasi dan karbonisasi. Chairil menambahkan, untuk tahap pertama ada 300 pohon yang akan diperiksa dan mendapat KTP. “Diutamakan pohon-pohon yang berada di jalan protokol atau publik area. Umumnya pemeriksaan satu pohon membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit, tapi tergantung kondisi pohonnya juga,” terang Chairil.