441 Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kota Bandung di Berangkatkan

Ilustrasi haji
Ilustrasi haji

BANDUNG – Kementerian Agama Republik Indonesia, Kanwil Kota Bandung memberangkatkan kloter pertama jemaah haji ke tanah Suci Makkah di lapangan Polda Jawa Barat. Sebanyak 441 jemaah berangkat dengan 10 bis menuju asrama haji di Bekasi.

Kepala Seksie (Kasie) Haji dan Umroh, Agus Safari Mulyawan menjelaskan, jemaah haji dari Kota Bandung yang siap diberangkatkan pada kali ini mencapai 1,731 orang.

“Kita berangkatkan sebanyak 441 jemaah kloter 1 Kota Bandung. Seluruh jamaah ini kloter utuh dari Kota Bandung, secara prinsip kendala ada. Tapi bantuan dari jemaah haji juga semuanya terkendali,” ujar Agus di lapangan Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Selasa (9/8/2016).

Agus mengatakan, Kota Bandung pada pemberangkatan calon jemaah haji kali ini memiliki lima kloter dengan agenda pemberangkatan menyesuaikan dengan daerah lainnya.

Agus mengatakan, untuk antisipasi pelaksanaan khusunya bagi jemaah kategori lanjut usia, pihaknya memastikan akan berjalan efektif karena disediakan pembimbing.

“Kloter enam (se Jawa Barat) kita dipersiapkan untuk diberangkatkan, untuk yang tua sudah ada pembimbingnya masing – masing,” ujarnya.

Tidak hanya itu, himbauan kepada jemaah haji terkait dengan teraturnya menjaga kesehatan, bawaan barang serta ketertiban saat pelaksanaan sudah disampaikan dengan pengawalan petugas.

“Hal hal itu sudah diatur, khususnya yang menyangkut pelemparan Jumroh akobah, sudah kita sebarkan,” terangnya.(fjc)