Konsumen Rental Mobil di Cikarang Meningkat Dua Kali Lipat

ilustrasi
ilustrasi

CIKARANG – Sejumlah jasa rental kendaraan mobil di Kabupaten Bekasi, mulai diburu konsumen menjelang datangnya musim mudik Lebaran 1437 H/2016.

“Sejak seminggu terakhir, yang pesannya sudah mulai banyak. Rata-rata buat keperluan mudik ke kampung,” kata Nawi, pemilik rental mobil di kawasan cikarang Barat.

Menurut dia, konsumen yang datang ke tempat penyewaan kendaraannya di pinggiran jalan tidak semuanya melakukan penyewaan kendaraan.

“Paling banyak cuma mau membandingkan, lebih murah naik umum atau naik mobil sewaan. Paling dari 15 orang dalam sehari yang datang, atau telepon, hanya 8 sampai sepuluh yang menyewa,” katanya.

Jumlah transaksi itu diklaim mengalami peningkatan sekitar dua kali lipat dari hari normal. Menurutnya, kendaraan dengan jenis MPV masih jadi pilihan utama konsumen karena kapasitas angkutnya yang banyak.

Tarif sewa mobil MPV bervariasi tergantung model atau layanan tambahan berupa sewa dengan sopir.

“Misalnya Daihatsu Xenia, tarif sewa lepas kunci mulai dari Rp375 ribu per hari. Kemudian bagi konsumen yang ingin menyewa Toyota Innova dikenakan tarif mulai dari Rp575 ribu per hari,” katanya.

Sementara itu, salah seorang konsumen, Fajar (29), mengaku tertarik menyewa mobil karena biaya yang dikeluarkan untuk mudik ke Solo relatif lebih murah dari menggunakan angkutan umum.

“Saya sengaja pesan dari sekarang untuk keperluan H-4 Lebaran karena akan lebih murah kalau pakai mobil sewa untuk keliling ke rumah keluarga saat hari lebaran, dari pada harus keliling naik-turun angkutan umum,” katanya.

Fajar mengaku menyewa Toyota Avanza tahun 2009 seharga Rp375 ribu per hari untuk pemakaian selama satu minggu pulang kampung.