Menang Lawan Kroasia, Portugal Melaju ke Perempat Final

Euro2016General-660x330

LENS – Ricardo Quaresma menjadi pahlawan kemenangan Portugal atas Kroasia. Sundulan jarak dekatnya mengamankan kemenangan 1-0 atas Kroasia, di Lens, Prancis, Sabtu (25/6/2016). Gol ini membuka jalan bagi Portugal untuk melaju ke perempat final Piala Eropa 2016, melawan Polandia, pekan depan.

Gol Quaresma tercipta tiga menit menjelang akhir masa tambahan waktu, setelah tembakan Cristiano Ronaldo dapat ditahan oleh kiper Kroasia Danijel Subasic. Kroasia nyaris menyamakan kedudukan pada akhir masa tambahan waktu, namun sepakan Domagoj Vida melebar.

Terdapat beberapa kali permainan satu sentuhan cantik dari kedua tim. Namun yang lebih banyak terjadi adalah operan-operan tidak akurat serta pertandingan yang berlangsung tidak menarik pada fase 16 besar ini. Kedua tim gagal mencatatkan tembakan ke gawang sampai upaya Ronaldo menjadi awal terciptanya gol penentu kemenangan.

Kroasia menguasai permainan pada sebagian besar babak pertama. Meski demikian, justru Portugal yang terlebih dahulu memiliki upaya mencetak gol ketika bek Pepe menyundul bola tendangan bebas Raphael Guerreiro ke atas mistar gawang, setelah upaya Ronaldo dihadang Perisic.

Perisic melepaskan sepakan melintasi mulut gawang saat waktu tinggal tersisa beberapa menit, kemudian menanduk bola yang mengenai tiang gawang. Selanjutnya Portugal melakukan serangan balik, dan tembakan Ronaldo dapat ditepis. Namun, tepisan ini mengarah ke jalur pergerakan Quaresma yang mencetak gol semata wayang bagi Portugal. (plt/ant)