Wayne Rooney “Pede” Inggris Bakal Juara Piala Eropa

medium_37waynerooney

PARIS – Kapten Timnas Inggris Wayne Rooney sesumbar bahwa timnya mampu memenangi Piala Eropa 2016. Dia juga yakin bahwa kesenjangan diantara tim-tim elite daratan Eropa semakin mengecil dalam beberapa tahun terakhir.

Hasil imbang 0-0 dengan Slowakia pada Senin memastikan Inggris menjadi runner-up Grup B di belakang Wales. Inggris juga berpotensi melaju ke babak final, dengan jalur yang rumit karena berada di sisi yang sama dari hasil undian dengan pemenang Piala Dunia Jerman, juara bertahan Eropa Spanyol dan tuan rumah Perancis.

Ketua FA Inggris Greg Dyke, sebelum turnamen mengatakan, mencapai babak semifinal atau tereliminasi pada tahap perempat final oleh ‘tim yang kuat’ sudah dianggap sukses. Namun Rooney menatap target yang jauh lebih tinggi.

“Kami di sini dan kami ingin menang,” ujar pencetak gol Inggris terbanyak sepanjang masa itu kepada wartawan.

“Apakah itu bisa terjadi masih harus dilihat. Tapi kami tidak akan mengatakan bahwa mencapai ke perempat final akan menjadi sinyal kemajuan. Saya percaya kita bisa lebih baik dari itu,” tegasnya.

Inggris belum berhasil melewati perempat final dalam tiga kejuaraan Eropa terakhir mereka dan gagal melewati babak penyisihan grup di Piala Dunia 2014.Namun Rooney melihat alasan untuk optimistis pada kesempatan kali ini.

“Jika ini adalah empat tahun yang lalu dan Anda mengatakan Anda harus menghadapi Perancis, Spanyol dan Jerman, Anda akan khawatir,” tambahnya.

“Saya pikir kesenjangan telah berubah.Tidak hanya dengan diri kita sendiri, tetapi dengan tim-tim seperti Wales. Kesenjangan diantara tim-tim tidak besar,” katanya. (plt/ant)