Gilas Rep. Irlandia 3-0, Belgia Jaga Asa Lolos Fase Group

Remelu Lukaku (uefa)
Remelu Lukaku (uefa)

Belgia akhirnya meraih kemenangan pertama pada gelaran Euro 2016. menjalani pertandingan kedua pasukan Marc Wilmot mencukur Republik Irlandia 3-0, Sabtu (18/06) malam WIB.

Gol Kemenangan The Red Devils diraih berkat striker Romelu Lukaku yang mencetak dua gol, satu gol lainnya disumbangkan oleh Axel Witsel.

Belgia menguasai permainan sejak menit awal babak pertama. Meskipun begitu, mereka terlihat beberapa kali kesulitan membongkar pertahanan Republik Irlandia.

Pada menit ke-21, gelandang Chelsea Eden Hazard mencoba untuk mengubah papan skor. Namun sayang tendangan kerasnya masih melambung di atas gawang Darren Randolph.

Belgia tak henti menekan. Pada menit ke-29, Kevin De Bruyne melakukan percobaan tapi tidak membahayakan gawang Republik Irlandia. Begitu juga dengan sepakan Thomas Meunier satu menit berselang masih belum menemui sasaran.

Republik Irlandia yang tertekan tidak mampu mengembangkan permainan. Semua serangan yang dicoba Shane Long dkk berhasil digagalkan barisan pertahanan Belgia.

Belgia mendapatkan peluang terakhir di babak pertama dari tendangan sudut. Romelu Lukaku berhasil menanduk bola tapi masih berhasil digagalkan Wesley Hoolahan dari tepi garis gawang. Hingga babak pertama usai skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Belgia tak membutuhkan waktu lama untuk unggul di awal babak kedua. Berawal dari serangan balik, Kevin de Bruyne memberikan bola kepada Lukaku dan pemain Everton itu melepas tendangan keras dari luar kotak penalti yang bersarang di pojok gawang.

Unggul satu gol tak membuat serangan Belgia mengendur dan bahkan mereka memperbesar keunggulan pada menit ke-61 lewat Axel Witsel. Menerima umpan Meunier, Witsel menanduk bola dan menjadi gol.

Belum sempat untuk memperkecil kedudukan, gawang Republik Irlandia justru kembali kebobolan di menit 70. Lagi-lagi dari serangan balik, Eden Hazard yang berlari dengan cepat dari sisi kanan memberikan umpan silang kepada Lukaku yang tak terkawal dan dengan mudah mengkonversi menjadi gol.

Mendekati akhir laga, pemain Belgia sudah mulai menurunkan tempo permainan. Namun hal tersebut tidak mampu dimanfaatkan Republik Irlandia untuk mencetak gol dan Belgia menutup pertandingan dengan skor 3-0.(bola)