Wawali dan Ribuan Muslim Bekasi Sholat Gerhana di Masjid Al-Azhar

Masyarakat Muslim Kota Bekasi menggelar sholat sunah gerhana matahari, Rabu, (9/3/2016)
Masyarakat Muslim Kota Bekasi menggelar sholat sunah gerhana matahari, Rabu, (9/3/2016)

BEKASI – Masyarakat Muslim Kota Bekasi menggelar sholat sunah gerhana matahari, Rabu, (9/3/2016).

Pelaksanaan kegiatan sholat berjamaah di hampir seluruh Masjid di Kota Bekasi. Wilayah Kota Bekasi mengalami gerhana matahari sebagian.

Tepat pukul. 06.15 WIB Jamaah Masjid Al-Azhar, Jaka Permai, Bekasi Barat, juga berdatangan untuk melakukan shalat Sunah Gerhana.

Tampak juga mengikuti sholat, Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu bersama istri Lilik Wakhidah dan dua orang anaknya.

Dalam pelaksanaan sholat gerhana yang terdiri dari dua rakaat ini, terlihat ratusan jamaah khusuk dan khidmat mengikuti tata cara solat gerhana dipimpin imam masjid.

Dalam agama Islam, peristiwa gerhana matahari maupun gerhana bulan menjadi salah satu tanda kekuasaan Allah SWT. Gerhana matahari terjadi saat posisi matahari-bulan-bumi dalam satu garis luris. Dan saat peristiwa ini terjadi, tampak matahari tertutup bulan.

Di Indonesia, gerhana matahari mulai terlihat dari pukul 06.20 di wilayah sumatera kalimantan, Jawa Sulawesi, hingga perairan samudra pasifik. Terakhir kali sebelum 2016, gerhana matahari terjadi di Indonesia 32 tahun lalu pada tahun 1984.

Beberapa wilayah di Indonesia yang dapat menikmati gerhana matahari total (GMT) diantaranya Bangka Belitung hingga Poso.

Terkait peristiwa alam ini umat Islam disunahkan untuk melakukan Shalat Gerhana, memperbanyak zikir dan sedekah untuk mengingat kekuasaan pencipta, Allah SWT.