Lippo Cikarang Gelar CSR untuk Mendukung Kesejahteraan Masyarakat

Lippo Cikarang menerima Nusantara CSR Awards 2015 unutk program peningkatan kesehatan
Lippo Cikarang menerima Nusantara CSR Awards 2015 unutk program peningkatan kesehatan

CIKARANG – Selama tiga hari berturut-turut pada 21-23 September 2015, Lippo Cikarang menggelar program Peningkatan Kesehatan berbentuk penyuluhan dan pemeriksaan mata, yang diikuti dengan pemberian kacamata gratis kepada sekitar 600 siswa-siswi dan 40 guru dan staf di tiga Sekolah Dasar Negeri (SDN) Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan. Ketiga sekolah tersebut ialah SDN 01 Cibatu, SND 02 Cibatu, dan SDN 03 Cibatu.

Melalui kegiatan ini para siswa dan guru memperoleh pengetahuan tentang kesehatan mata serta mendapatkan kacamata gratis yang diharapkan akan membantu proses belajar-mengajar.

Kegiatan yang turut menggandeng Yayasan Obor Berkat Indonesia (YOBI) ini turut dihadiri Kepala Sekolah SDN 01 Cibatu Inday Hermawan S.Pd.I., Kepala Sekolah SDN 03 Cibatu Hj. Emboy Ernawati, S.Pd., manajemen Lippo Cikarang, aparat Desa Cibatu,termasuk tenaga medis dari YOBI yang terdiri dari Tim Dokter dan Tim Kesehatan.

Ketua Program Corporate Social Responsibility, yang sekaligus Direktur PT Lippo Cikarang Tbk, Ju Kian Salim
mengungkapkan, ”Program Peningkatan Kesehatan adalah program berkelanjutan yang dievaluasi kelayakannya setiap tahun, baik secara kualitas maupun secara kuantitas.”

Seorang siswa sedang mencoba kacamata
Seorang siswa sedang mencoba kacamata

Dasar pemilihan program CSR, lanjut Ju Kian, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang dilakukan berdasarkan riset, dialog, dan pertemuan dengan pihak-pihak terkait.

Selain itu, Lippo Cikarang berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat. Dalam pelaksanaan program, ditemui kenyataan di lapangan bahwa banyak murid sekolah yang memerlukan bantuan kacamata.

Masih sehubungan dengan peningkatan kesehatan, dalam beberapa tahun terakhir ini Lippo Cikarang telah menggelar sejumlah pemeriksaan dan pengobatan gratis, meliputi pemeriksaan saluran napas, mulut dan gigi, THT, dan pengobatan umum lainnya di sejumlah desa. Pada 29 November 2011 lalu kegiatan tersebut dilakukan di Desa Cicau dengan menggandeng YOBI, 3 Desember 2012 untuk pelayanan serupa di Desa Serang, sementara pada Mei dan Juni 2014 di Desa Cibatu.

Lippo Cikarang menyerahkan bantuan
Lippo Cikarang menyerahkan bantuan

Lippo Cikarang memperoleh penghargaan Nusantara CSR Award 2015 dari La Tofi School of CSR untuk kategori ”Peningkatan Kesehatan”.

“Kami berharap program-program CSR yang kami luncurkan tetap mengena dan mendukung kesejahteraan masyarakat,” tutup Ju Kian.

Selain peningkatan kesehatan, program CSR lain yang dilakukan ialah berupa bantuan fisik kepada masyarakat yang tinggal di RT 02 dan RT 03 Kampung Leuwengmalang, Desa Sukaresmi, Kecamatan Cikarang Selatan.

Bantuan ini berupa pembangunan sebuah kompleks yang meliputi pembangunan mushola, jalan, pagar, serta saluran air.

Program Lippo Cikarang Mengajar diluncurkan sejak tahun 2014 hingga sekarang mendapat respons yang bagus dari Masyarakat Sekolah. Program ini sudah melibatkan sekitar 1.880-an murid SDN dan 316 guru di sejumlah 19 SDN yang berada di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan.

Adapun tujuan program ini adalah untuk memotivasi siswa sejak usia Sekolah Dasar agar giat belajar mencapai cita-cita setinggi mungkin.

Salah satu Manager Lippo Cikarang dalam program Lippo Cikarang Mengajar
Salah satu Manager Lippo Cikarang dalam program Lippo Cikarang Mengajar

CSR Lippo Cikarang mencakup aspek kepedulian terhadap lingkungan, pendidikan, peningkatan kesehatan masyarakat, pembangunan dan renovasi fasilitas, serta sejumlah kegiatan lain, seperti donor darah, bantuan air bersih, bantuan hewan kurban, dan berbagai kegiatan lain, termasuk bantuan pemagaran SDN 03 Cibatu.