Komisi Informasi Jawa Barat Kunjungi Humas Pemkot Bekasi

BEKASI – Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat melakukan pemeriksaan dan verifikasi ulang penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Kota Bekasi, Senin, (26/10/2015).

 Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat melakukan pemeriksaan dan verifikasi ulang penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Kota Bekasi
Tim Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat melakukan pemeriksaan dan verifikasi ulang penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Kota Bekasi

Dalam kegiatan pemeriksaan ini, sebelumnya Pemkot Bekasi diminta mengisi kuesioner penilaian sendiri yang merupakan bagian dari Kegiatan Monitoring dan Evaliuasi (Monev) penerapan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 pada pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat oleh Komisi Informasi Jawa Barat yang berlangsung pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2015.

Anggota Komisioner yang mendampingi tim verifikasi, Ijang Faisal mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah memperoleh gambaran mengenai perkembangan penerapan UU KIP di Jawa Barat, serta menjadi bahan untuk mengembangkan program percepatan penerapan UU KIP di Jawa Barat.

“Kegiatan hari ini dilaksanakan setelah sebelumnya kabupaten/kota di Jawa Barat mengisi kuesioner penilaian diri dan setelah itu akan dilanjutkan dengan klarifikasi hasil pemeriksaan dan pengumpulan bukti tambahan, dan akhirnya akan diumumkan pemeringkatan pada 7 Desember 2015,” katanya.

Monev dilakukan terhadap 4 kewajiban yang diamanatkan peraturan perundangan terkait keterbukaan informasi publik yaitu, kewajiban mengumumkan informasi publik melalui papan pengumuman, leaflet, brosur atau website resmi pemerintah kabupaten/kota.

“Kewajiban menyediakan informasi publik setiap saat, kewajiban membentuk dan mendukung keberadaan PPID. Dan terakhir adalah kewajiban menyusun dan menerapkan srandar operasional pelayanan informasi publik tambahnya,” jelasnya.

Saat kunjungannya di Pemkot Bekasi, Tim verifikasi terdiri dari 4 orang 1 orang komisioner dan 3 orang asisten Komisi Informasi Jawa Barat yang diterima langsung oleh Teti Handayani S.IP Kasubag Hubungan Eksternal serta Nugroho B. kusumo selaku petugas pelayan informasi publik Setda Kota Bekasi