Polda Metro Ciduk Pelaku Penipuan SMS di Villa Orchid

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA – Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti, Sabtu (31/10/2015), dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, tim unit 2 Subdit Jatanras Polda Metro Jaya menangkap sindikat penipuan via SMS.

Sejumlah pria yang berasal dari Sulawesi ditangkap saat sedang beroperasi di basecamp di Cianjur, Jawa Barat. Dari para pelaku, polisi menyita barang nukti seperti sejumlah laptop sejumlah kartu ATM berikut buku rekening, puluhan modem

“Mereka ini adalah sindikat penipuan melalui SMS yang sudah meresahkan masyarakat. Korban rata-rata kelas menengah ke bawah. Para pelaku beroperasi menggunakan SIM card telepon seluler yang kemudian dihubungkan ke komputer, sehingga mereka bisa mengirim ke banyak calon korban,” katanya.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Herry Heryawan mengatakan, 4 pelaku ditangkap pada Kamis (29/10) sore di Kampung Bengkok Barat RT 01/02 Desa Sindang Jaya, Cipanas, Cianjur.

“Di Cianjur ini, mereka beroperasi di Villa Orchid Garden Blok G3 No 1,” ujarnya.

Keempat pelaku yang ditangkap yakni M Zain (warga Polewali Mandar), Ricky Aswanda (warga Pangkajene), Arif Riadi (warga Cianjur), dan Chairil Snwar (warga Cianjur).

Pada malam harinya, polisi kembali menangkap 4 pelaku lainnya di Perumahan Taman Palem, Blok BB 19.A, Kampung Padarincang, Desa Palasari, Pacet, Cianjur, Jawa Barat.

Keempat pelaku yakni Ramli (41) warga Sidenreng Rappang, M Amri (43) warga Polewali Mandar, Eko Wijaua (39) dan Eeng Hermawan (35).