Hantam Mitra Kukar 3-1, Persib Melenggang Ke Final

downloadBANDUNG – Maung Bandung sukses membungkam Mitra Kukar dengan kemenangan telak 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dalam laga leg 2 Semifinal Piala Presiden Sabtu (10/10) malam. Gol- gol Persib di peroleh melalui gol bunuh diri O.K John, Atep, Ilija Spasojevic.

Babak Pertama
Stadion SJH menggelora begitu wasit Handri Kristanto meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Tensi panas pertandingan sudah diperagakan saat menit pertama, pelanggaran dilakukan Firman Utina kepada Junior. Bobotoh bergeliat dari tempat duduknya saat Zulham Zamrun mampu getarkan jala gawang Rivky Mukodompit menit ke-2. Sayang gol dianulir karena Vladimir Vujovic yang memberi asisst lewat sundulannya terlebih dahulu terperangkap offside.

Masuk menit ke-4 Konate mendapat kartu kuning setelah melanggar Eka Ramdani. Kini bobotoh benar-benar bergemuruh saat umpan terobosan Firman salah diantisipasi O.K John hingga membuahkan gol bunuh diri menit ke-7. Persib unggul 1-0.

Skuat Persib terlena, tak berselang lama setelah gol, publik tuan rumah dikejutkan oleh gol Carlos Raul. Adalah kecepatan dari Hendra Bayauw yang mengirim umpan hingga bisa dimaksimalkan oleh Raul. Skor berubah imbang, 1-1.

Zulham Zamrun harus mendapat kartu kuning karena melakukan diving di dalam kotak penalti. Achmad Jufriyanto bernasib sama, melanggar Bayauw dari belakang, ia pun dihadiahi pula kartu kuning oleh sang pengadil.

Maung Bandung mampu kembali unggul menit 20. Tendangan keras Konate berbuah bola rebound yang dimaksimalkan Atep untuk mengetarkan jala gawang Mitra Kukar untuk kedua kalinya, 2-1 Persib unggul.

Skuat arahan Jajang Nurjaman akhirnya mampu bernapas lega, Spaso tak terhindarkan mencetak gol di dalam kotak penalti. Kemelut dari free kick Firman Utina menit 26, disambut salto Achmad Jufriyanto yang gagal mengancam gawang Mitra Kukar. Spaso yang berdiri di depannya tanpa ampun melakukan tendangan keras. Persib semakin jauh memimpin 3-1.

Memasuki menit 34 pasca water break Eka Ramdani sempat mengancam gawang I Made. Beruntung, tembakannya menyamping tipis di sisi kiri gawang. Konate benar-benar dalam performa apiknya, ia kembali melakukan shoot on target ketiga kalinya pada babak pertama ini menit 39. Skor 3-1 pun berakhir hingga babak pertama usai.

Babak Kedua
Di babak kedua Mitra Kukar mampu lebih percaya diri menguasai bola. Beberapa kali tekanan dilakukan ke lini pertahanan Persib di menit-menit awal babak kedua. Kendati demikian skuat Kukar tak mampu menggoyahkan duet Vujovic dan Jufriyanto. Melalui serangan balik, Zulham Zamrun memiliki dua kali peluang emas, masing-masing pada menit 53 dan 54. Namun sang top scorer itu tak mampu manfaatkan kesempatan menjadi gol.

Menit 58 pelatih Jafri Sastra mengganti pemainnya, Michael Orah dan Junior diganti Mahdi Fahri dan Rahmad Afandi. Masuknya kedua pemain tersebut tak merubah situasi, malah Persib mampu kembali dengan leluasa menguasai bola.

Memasuki menit 73 Hariono melakukan pelanggaran keras di depan kotak penalti lawan. Wasit tak ragu kembali mengeluarkan kartu kuning dari kantongnya. Upaya para pemain Mitra Kukar memanfaatkan set piece hampir berbuah hasil. Eka Ramdani sebagai penyuplai cukup membahayakan gawang Persib. Beruntung I Made keluar dari sarangnya guna mengamankan bola.

Hariono harus mandi lebih awal ke ruang ganti, menit 80 ia mendapat kartu kuning kedua dan langsung diganjar kartu merah. Melihat sedikit peluang, Persib bermain dengan 10 orang, Jafri Sastra coba memanfaatkan dengan memasukkan Airlangga mengganti Carlos Raul menit 82. Jajang Nurjaman merespon cepat, ia tampak ingin mengamankan kemenangan, Dedi Kusnandar dan Taufiq masuk mengganti Atep dan Zulham semenit kemudian.

Hingga bubaran Persib mampu pertahankan kemenangan dengan skor 3-1. Hasil ini membuat agregat menjadi 3-2 bagi Atep cs sehingga Persib berhak melaju ke babak final Piala Presiden yang akan dihelat Minggu (18/10).(simamaung)