Pengusaha dan Warga Dukung Program Pemkot Bekasi Raih Adipura 2016

20150820_113623

BERITABEKASI.CO.ID – Pemerintah Kota Bekasi terus mensinergitaskan kepedulian semua pihak dalam mewujudkan program lingkungan bisa tercapai termasuk dalam meraih adipura.

Untuk itu, demi mewujudkan lingkungan Kota Bekasi lebih indah dan nyaman dan bebas dari sampah, dibutuhkan peran serta masyarakat dan para pengusaha untuk turun membantu pemerintah dalam program kebersihan.
Hal ini menjadi poin penting dalam kegiatan sinergitas Program Adipura 2015-2016 , Kamis, (20/8) yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Bantar Gebang.

Pihak kecamatan dalam hal ini Sekcam Bantar Gebang, Endar dalam laporannya mengatakan rapat sinergitas mengundang para tokoh masyarakat Ketua RT dan RW serta para pengusaha setempat yang diharapkan mampu bersama masyarakat mewujudkan lingkungan di Kecamatan Bantar Gebang lebih bersih dan nyaman.

Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu mengatakan harapannya agar stake holder masyarakat dan alim ulama dan peran pengusaha membantu pemerintah menciptakan lingkungan yang bersih dan indah terutama dilingkungan masing-masing.

“Kita ingin semua pihak bersumbangsih besar terhadap kepedulian lingkungan. Agar masyarakat Kota Bekasi lebih nyaman tinggal di kota yang dicintainya,” kata Ahmad Syaikhu.

Beberapa hal yang ia inginkan diantaranya, peran RW dan kelompok peduli lingkungan mulai memaksimalkan potensi bank-bank sampah yang ada di Kecamatan Bantar Gebang.

“Bank-bank sampah perlu digalakkan kembali sebagai ujud kepedulian terhadap lingkungan dan mengurangi jumlah sampah bahkan dari hasil pengolahan sampah bisa dijadikan kompos dan memiliah barang lainnya yang masih memiliki nilai jual,” kata Ahmad Syaikhu.

Kata dia, untuk memaksimalkan peran bank sampah ini, peran pengusaha dapat dilibatkan aktif didalamnya. Misalnya pihak perusahaan di Bantar Gebang bersedia menyumbangkan kegiatan sosial berupa penyediaan mesin-mesin pencacah sampah dan bentuk kegiatan lainnya untuk membantu peran bank sampah tersebut.

Diketahui, masing-masing dari empat kelurahan di Kecamatan bantar Gebang baru memiliki dua bank sampah di wilayahnya. jadi baru ada total 8 bank sampah. Dan kata dia, keberadannya mereka mengurangi jumlah sampah dari sumbernya perlu didukung semua pihak.

Salah satu pengusaha di Bantar Gebang, Reskon Sitorus dari PT Godang Tua Jaya dalam kesempatan itu mendukung kegiatan Pemerintah dalam meraih adipura dengan beberapa kegaitan CSR yang dilakukan pihaknya.

“Kami juga ingin di wilayah Bantar Gebang bisa lebih nyaman dan bersih. Kami siap mendukung sepenuhnya program pemerintah dan Dinas Kebersihan dan BPLH dalam hal ini. Semoga sinergitas program adipura bisa dilakukan di semua kecamatan di Kota Bekasi dan adipura bisa kita raih kembali,” ucap Rekson.

Sementara salah satu warga, Wandi juga mengatakan akan berencana membuat salah satu komunitas pengolahan sampah diluar bank sampah yang sudah eksis sekarang ini. kara dia, inisiatifnya ini dalam membentuk komunitas pe golahan agar membangun kesadaran warga mengolah sampah.

“Semoga bisa teralisir Komunitas pengolahan sampah ini. Kami ingin pemerintah juga membantu ketersediaan alat-alat pendukung seperti mesin pencacah dan lainnya,” kata Wandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Abdillah mengapresiasi kepedulain stake holder yang ada dalam mengikuti rapat kali ini. Menurutnya pihaknya siap membantu warga masyarakat dalam pelayanan kebersihan dan pengadaan alat-alat pengolahan sampah.

“Kita bisa koordinasikan selanjutnya agar keberadaan pengolahan sampah di wilayah warga lebih maksimal,” ucap Abdillah.

Selain Kepala Dinas Kebersihan, juga hadir Eks Kepala BPLH Dadang Hidayat. Dadang Hidayat mengatakan bila warga membutuhkan pohon-pohon untuk di tanam di wilayah pihaknya bisa membantu menyiapkannya.

“Koordinasikan dengan pihap kelurahan dan kecamatan mengenai kebutuhan pohon dan alat-alat biopori. Kita masih ada stok untuk dibagikan. Kita mendukung warga memperbanyak pohon yang ditanam di Kota Bekasi,” kata Dadang.

Upaya kepedulian lingkungan juga disambut baik pihak Yon Armed 7/105 GS. Wadanyon Armed dalam kesempatan itu mengatakan dukungannya kepada program kebersihan. Ia ingin pihak TNI terlibat dalam upaya bersama meraih adipura yang dicanangkan Pemkot Bekasi.

Selain itu kata dia, kebersamaan dalam kegiatan kebersihan salah satu upaya lebih mendekatkan TNI dengan Rakyat.

“Lokasi Yon Armed berada di Bantar Gebang Kota Bekasi. Kami bersama jajaran siap mendukung program kebersihan lingkungan demi meraih adipura,” kata Wadanyon Armed 7. (goeng)