Menang Adu Pinalti, Argentina Lolos Semifinal Copa America

copa_america_2015BERITABEKASI.CO.ID – Argentina akhirnya melangkahkan kakinya ke semifinal Copa America setelah menyingkirkan Kolombia melalui adu penalti, Sabtu (27/6/2015). Pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti setelah kedua tim bermain imbang dalam waktu normal.

Kedua tim bermain cukup ketat dan sama-sama menciptakan banyak peluang di babak pertama. Tim asuhan Gerard Martino beberapa kali mengancam gawang Kolombia pada laga ini. Peluang pertama diperoleh melalui Angel Di Maria yang mengirim umpan silang ke kotak penalti. Sayang bola hasil sepakan Javier Pastore mampu diamankan oleh David Ospina.

Albiceleste kembali membuat sebuah peluang melalui kerja sama Pastore dan Aguero. Namun penampilan Ospina pada laga ini patut diacungi jempol. Ia kembali melakukan penyelamatan dan membuat gawangnya aman dari kebobolan.

Pada babak pertama Lionel Messi dkk. tampil percaya diri dan berhasil mendominasi permainan. Kedua tim harus mengakhiri babak pertama tanpa gol tercipta.

Kolombia mendapat kejutan dari serangan para pemain Argentina di awal babak kedua melalui pergerakan Di Maria dan Messi. Hampir saja gawang Ospina kebobolan andai kiper Arsenal itu tidak menyambar bola yang dekat dengan Di Maria.

Tim asuhan Jose Pekerman berusaha untuk keluar dari dominasi Argentina. Mereka juga memiliki kesempatan emas untuk mencetak gol di babak kedua melalui aksi Juan Cuadrado dan James Rodriguez. Sayang peluang itu gagal dimanfaatkan dengan baik.

Kedua tim kemudian mulai mengubah strategi di babak kedua. Beberapa nama ditarik keluar seperti Jackson Martinez, Aguero, dan Pastore. Beberapa pemain di masukkan seperti Radamel Falcao, Carloz Tevez dan Ever Banega.

Dari pergantian tersebut, Argentina rupanya melakukan langkah yang tepat dengan memasukkan Banega. Ia berhasil membuat perbedaan di babak kedua.

Menjelang akhir pertandingan Argentina terus melancarkan serangan ke gawang Kolombia. Beberapa kali Ospina harus jatuh bangun untuk menghalau bola yang mengarah ke gawangnya. Para pemain Kolombia tidak bisa keluar dari tekanan para pemain Argentina dan tidak bisa mengembangkan permainan.

Kokohnya Ospina di bawah mistar gawang cukup membuat frustasi lini serang Argentina. Kedua tim bermain cukup kuat dan harus mengakhiri laga babak kedua kembali tanpa gol. Oleh karena itu pertandingan berlanjut menuju ke adu penalti.

Tiga eksekutor pertama dari kedua tim berhasil melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Messi, Garay, dan Banega sukses mencetak gol. Begitu juga dengan James, Falcao, dan Cuadrado yang sukses mencetak gol.

Petaka untuk Kolombia datang melalui penendang keempat, Luis Muriel. Penyerang Sampdoria itu gagal mengarahkan bola ke gawang Sergio Romero. Bola sepakannya mengarah ke atas gawang.

Kegagalan tersebut menjadi kesempatan emas untuk Argentina. Sayangnya dua penendang mereka juga gagal mengeksekusi bola dengan baik. Dua pemain itu adalah Lucas Biglia dan Marcos Rojo. Beruntung dua penendang Kolombia, Juan Zuniga dan Jeison Murillo, kembali gagal dalam mengeksekusi penalti.

Carlos Tevez yang menjadi eksekutor terakhir Argentina, berhasil mengeksekusi penalti dengan sangat baik. Berkat gol Tevez yang memperdaya Ospina, Albiceleste berhasil melangkah ke semifinal setelah menang 5-4 dalam adu penalti itu.

Argentina akan bertemu pemenang antara Brasil dan Paraguay yang baru akan bertanding pada Minggu (28/6). Laga semifinal rencananya akan dilangsungkan pada 30 Juni dan 1 Juli 2015.

Sumber: Sportsatu.com