Pelapor Beras Palsu Dijamin Tidak Dipidanakan

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA – Kabareskrim Komjen Budi Waseso (Buwas) menjamin jika Dewi Septiani (29), pelapor beras plastik, tak akan dipidana.

“Gak, gak. Sebagai masyarakat biasa, kalau ada kecurigaan wajib melaporkan. Justru memang (polisi) yang harus membuktikan. Jadi kita bersyukur apa yang diduga itu tidak benar,” kata Buwas di Mabes Polri, Jumat (29/5).

Menurutnya pemeriksaan penjual nasi uduk itu hanya karena polisi ingin tahu bagaimana kronologis Dewi menemukan beras yang diduga plastik itu.

“Bu Dewi ini yang pertama kali menemukan. Kita ingin tahu Bu Dewi ini pertama kali menemukannya tidak sengaja atau ada petunjuk dari orang. Nanti kita dalami,” lanjutnya.

Seperti diberitakan Dewi dimintai keterangan sebagai saksi oleh Unit III Kriminal Khusus (Krimsus) Polresta Bekasi Kota lebih dari delapan jam.

Selain Dewi, penyidik Polresta Bekasi Kota juga memanggil pihak PT Sucofindo serta pejabat dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Bekasi.

Sucofindo sebelumnya menyatakan jika beras itu positif mengandung bahan plastik namun hasil itu dibantah hasil laboratorium forensik Polri dan BPOM.