2000 Bibit Pohon Dibagikan Saat CFD Kota Bekasi

Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu sedang memberikan sambutan jelang pembagian 2000 bibit pohon saat CFD, Minggu (03/05/2015).
Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu sedang memberikan sambutan jelang pembagian 2000 bibit pohon saat CFD, Minggu (03/05/2015).

BERITABEKASI.CO.ID, KOTA BEKASI – Ada yang berbeda dalam kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau yang biasa disebut dengan Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani Bekasi hari ini, Minggu (03/05/2015). Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang bekerjasama dengan berbagai pihak, membagikan sekitar 2000 bibit pohon produktif bagi segenap warga yang mengikuti CFD kali ini.

Antusiasme warga yang mengikuti CFD bersama dengan keluarga dan kerabatnya sangat terlihat dengan semakin meningkatnya peserta CFD yang diselenggarakan setiap pekan ini. Demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam, Pemkot Bekasi memanfaatkan momen tersebut dengan membagi-bagikan bibit pohon, tak butuh waktu lama, bibit pohon yang disediakan langsung ludes berpindah tangan.

Diliyana Santoso (38), salah satu warga yang setia ber-CFD ria setiap minggunya, mengaku turut mengambil bibit pohon tersebut agar menambah hijau halaman rumahnya.

Selain berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan, bibit pohon ini juga menambah koleksi tanaman yang ada di halaman rumah saya,” ucap Diliyana yang merupakan warga Kemang Pratama ini dengan gembira.

Kegiatan bagi-bagi pohon ini dapat terlaksana atas dukungan dari Forum Bahagia Peduli, BJP Muara Karang dan juga Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Ketiga pihak tersebutlah yang membantu menyediakan 2000 bibit pohon yang diangkut dengan menggunakan 3 mobil.

“Kami, Pemerintah Kota Bekasi menyambut baik segala bentuk kegiatan penghijauan, salah satunya melalui bagi-bagi bibit pohon untuk warga Bekasi saat CFD,” ujar Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu.

“Ini salah satu bentuk upaya kita agar Kota Bekasi lebih hijau dan nyaman,” lanjutnya.

Politisi asal PKS ini juga menjelaskan, bahwaPemkot Bekasi terus menggalakkan sosialisasi dengan berbagai program penghijauan kota dan juga kelestarian lingkungan agar pesan dari program tersebut bisa diterima dengan optimal masyarakat. Syaikhu juga menganggap bahwa ajang CFD ini akan terus menjadi ruang publik yang efektif untuk mensosialisasikan berbagai program pemerintah.

“Selain menyediakan ruang publik, refreshing bersama keluarga, CFD juga mengajak masyarakat peduli lingkungan,” harapnya.

Selain pembagian bibit pohon tambahnya, program kelestarian lingkungan yang sedang digalakkan Pemkot Bekasi adalah pembuatan 1000 taman dan juga pembuatan satu juta lubang resapan biopori di wilayah Kota Bekasi.

“Kita pun mengimbau pihak swasta untuk berpartisipasi dalam CSR-nya dalam membuat sejumlah taman dan lubang resapan biopori maupun sumur resapan, dengan begitu kita memperindah lingkungan dan memuliakan tanah,” tambahnya.

Sementara itu perwakilan Forum Bahagia Peduli Trio mengaku, ia awalnya hanya menargetkan 500 bibit pohon yang akan dibagikan, namun target tersebut bertambah empat kali lipat karena ia melihat antusiasme warga Bekasi.

“Ini bagian dari program kerja Forum Bahagia Peduli dibantu yang dengan pihak lainnya. Target kami bisa memfasilitasi anak-anak muda untuk peduli lingkungan dan berkontribusi bagi kotanya sendiri. Kegiatan serupa juga kami lakukan di Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. (HMS/goeng)