Pemkot Bekasi Rayakan May Day Dengan Lestarikan Lingkungan

Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu sedang lubang resapan biopori, Jum'at (01/05/2015).
Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu sedang lubang resapan biopori, Jum’at (01/05/2015).

BERITABEKASI.CO.ID, KOTA BEKASI – Hari Buruh Internasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan May Day yang dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya juga diperingati dalam tingkatan lokal Kota Bekasi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memusatkan kegiatan May Day di Kantor Walikota Bekasi, Jumat (01/05/2015) dengan menyediakan panggung orasi yang disertai hiburan musik dan juga pemberian doorprize untuk para buruh.

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI) Tapal Batas dan juga serikat pekerja dari Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) memadati lapangan Kantor Walikota Bekasi dalam peringatan May Day di Kota Bekasi dengan menyampaikan aspirasi tentang kesejahteraan dan juga kelayakan hidup para kaum pekerja.

Selain mendukung dan memfasilitasi perayaan Hari Buruh Internasional tahun 2015 ini, Pemkot Bekasi melalui Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi juga mengajak para buruh untuk ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam program pelestarian lingkungan yang digagasnya. Program yang dimaksud adalah dengan melepas 10.000 ekor ikan lele, penanaman pohon produktif dan juga pembuatan lubang resapan biopori (LRB) untuk meminimalisir ancaman genangan banjir.

Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu sedang melepas bibit ikan lele di kolam Pemkot Bekasi, Jum'at (01/05/2015).
Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu sedang melepas bibit ikan lele di kolam Pemkot Bekasi, Jum’at (01/05/2015).

Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu yang didampingi oleh Kepala BPLH Kota Bekasi Dadang Hidayat menebar 10 ribu bibit ikan lele di kolam Kantor Walikota yang dilanjutkan dengan penanaman pohon produktif di sejumlah taman yang juga disertai dengan pembuatan lubang resapan biopori.

“Kita ingin May Day tambah meriah, karena selain ada ajang para buruh menyampaikan aspirasi dan tuntutannya, May Day kali ini diisi dengan kampanye kepedulian terhadap lingkungan,” ujar Ahmad Syaikhu di hadapan ratusan buruh.

Politisi asal PKS ini juga mengajak para buruh agar tetap melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di tempat tinggalnya maupun di tempatnya bekerja.

“Kegiatan pelestarian lingkungan seperti penghijauan, diharapkan dapat terus menginspirasi kaum buruh dalam menciptakan situasi yang kondusif di Kota Bekasi demi terjaganya hubungan industrial yang positif agar roda perekonomian daerah tetap dapat berjalan lancar pada May Day selanjutnya,” ucapnya.

Kemeriahan Hari Buruh semakin bertambah dengan hiburan musik yang telah disiapkan dan juga pembagian door prize berupa tiga buah sepeda untuk para buruh oleh unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bekasi yakni, Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu, Kapolresta Bekasi Kota Rudi Setiawan dan Dandim O507 Yuda Rismanyah.

Dalam kesempatan tersebut, buruh juga menyuarakan tuntutan mereka yaitu pemberlakukan BPJS di seluruh rumah sakit yang ada di Kota Bekasi, pemberian beasiswa kepada anak buruh yang berprestasi secara akademik, dan terakhir penyediaan pos pengadaan hubungan industrial.

Sebagai informasi, peringatan May Day tingkat Kota Bekasi diakhiri dengan sholat Jum’at berjamaah bersama para Muspida Kota Bekasi di Masjid Kantor Walikota Bekasi, setelah itu dilanjutkan dengan pawai buruh dengan mengelilingi Kota Bekasi. (HMS/af/goeng)