Alfamart Beri Pelatihan “Manajemen Ritel Modern” Seratus Pedagang Kelontong Bekasi

Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan Corporate Affairs Director Alfamart Solihin berpose bersama aparatur dan juga peserta, Senin (20/04/2015).
Walikota Bekasi Rahmat Effendi dan Corporate Affairs Director Alfamart Solihin berpose bersama aparatur dan juga peserta, Senin (20/04/2015).

BERITABEKASI.CO.ID, BEKASI BARAT – Alfamart kembali menggelar pelatihan manajemen ritel modern yang diikuti oleh 100 peserta yang merupakan para pedagang warung kelontong, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Bekasi Barat yang turut dihadiri dan juga diresmikan oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi sebagai bentuk sinergi kemitraan positif, Senin (20/04/2015).

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari visi perusahaan menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil.

“Kami ingin membangun wawasan dengan pedagang kecil di Kota Bekasi yang juga menjalankan bisnis ritel. Kita harus tumbuh bersama karena bukan saatnya bersaing dengan mereka para pedagang kecil,” ucapnya kepada beritabekasi.co.id di sela-sela kegiatan.

Dalam pelatihan manajemen ritel modern lanjutnya, beberapa materi yang kami paparkan dalam kesempatan tersebut adalah; manajemen cash flow, cara mengelola persediaan atau stok barang demi mempelajari selera konsumen.

“Cara men-display barang, membaca kode kedaluwarsa hingga cara berhadapan dengan konsumen juga diajarkan di kegiatan ini,” terangnya.

Solihin pun berharap dengan adanya pelatihan ini, para pedagang akan memiliki pemahaman yang sama tentang manajemen ritel modern sehingga bisa mengembangkan bisnis yang mereka jalankan.

“Kebanyakan pedagang warung masih menjalankan bisnisnya dengan cara tradisional, ini yang menjadi salah satu faktor mengapa bisnis mereka cenderung tumbuh lambat,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain memberikan pelatihan kepada para pedagang tradisional, pihaknya juga memfasilitasi para pedagang warung kelontong dengan program Outlet Binaan Alfamart Alfamidi (OBA).

“Jadi pedagang binaan bisa mendapatkan potongan harga ketika berbelanja di Alfamart, mereka bisa pesan antar barang secara gratis dan mendapat pendampingan dari member Relations Officer,” pungkasnya. (ton)