Tolak Susunan Pengurus, PAC PDIP Kota Bekasi Ancam Boikot Konferda PDIP Jabar

Ketua terpilih DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Anim Imamuddin.
Ketua terpilih DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, Anim Imamuddin.

BERITABEKASI.CO.ID, BEKASI TIMUR – Menyeruaknya rencana pemboikotan pelaksanaan Konferensi Daerah (Konferda) DPD PDI Perjuangan Propinsi Jawa Barat akan dihelat pada hari ini Rabu (18/03/2015), oleh seluruh PAC dan Pengurus Ranting se-Kota Bekasi karena tidak puas dengan keputusan DPP PDI Perjuangan yang digadang tidak meloloskan nama Nuryadi Darmawan untuk menjabat sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, ditanggapi santai oleh ketua terpilih, Anim Imamudin.

Dihadapan awak media, Anim mengaku tidak pusing dengan rencana yang digagas PAC untuk memboikot pelaksanaan Konferda Jabar. Menurutnya, hal itu silahkan dilakukan, namun dirinya mengingatkan bahwa semua tindakan akan memiliki dampak dan konsekwensi yang mesti ditanggung oleh para pelaku.

“Itu hak mereka, tetapi mekanisme dan aturan partai ada. Semua sudah dibahas dalam SK 006. Jika bicara puas dan tidak puas, memang keputusan tidak akan memuaskan semua pihak,” kata Anim seraya mengingatkan pihak yang membandel dan melawan keputusan DPP, maka akan mendapat sanksi tegas, “Sanksi akan diberikan oleh DPP, bisa berupa pemecatan sebagai kader,” tegasnya.

Selain itu, Anim juga menjelaskan kejadian saat konfercab DPC PDI Perjuangan beberapa hari lalu bukan deadlock, karena ketua terpilih telah ditentukan. Pada saat menyusun kepengurusan, menurut Anim semua berdasarkan SK 006, bab 11 pasal 21b, bahwa ketua terpilih memiliki kewenangan penuh untuk menyusun kepengurusan dengan dibantu tim formatur yang sifatnya mengusulkan, dengan pertimbangan ketua terpilih menyetujuinya. Namun faktanya, formatur menolak hingga keputusan diambilalih oleh DPP.

“Ketua sudah disahkan oleh DPP, namun struktur lainnya diambil alih oleh DPP, karena formatur menolak yang diusulkan,” terang Anim.

Kendati demikian, lanjut pria yang menjabat sebagai ketua Fraksi PDIP Kota Bekasi ini belum memastikan struktur kepengurusan DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi, karena sejauh ini DPP belum mengumumkan struktur, meskipun ia  telah mengusulkan beberapa nama yang diajukan.

“Formasi Sekretaris dan Bendahara akan segera diumumkan oleh DPP. Sebelum ada bukti susah bicaranya, karena politik itu dinamis. Pastinya setelah keputusan DPP, kami akan umumkan,” pungkasnya.