Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi Wajib Gelar Reses

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi, Irman Firmansyah.
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi, Irman Firmansyah.

BERITABEKASI.CO.ID, KOTA BEKASI – Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi, Irman Firmansyah mengimbau kepada seluruh anggota DPRD Kota Bekasi yang berasal dari fraksinya untuk bisa memaksimalkan kegiatan jaring aspirasi rakyat atau yang biasa dikenal dengan istilah reses ini yang akan dilaksanakan mulai Senin (23/03/2015) pekan mendatang.

Kepada awak media, Irman menjelaskan bahwa reses kali ini adalah reses kali kedua bagi anggota DPRD Kota Bekasi pada tahun anggaran 2015. Selain itu Irman juga mengingatkan betapa pentingnya reses ini dilakukan dengan serius oleh setiap legislator. Disamping bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah pemilihannya agar bisa masuk dalam APBD Perubahan Kota Bekasi tahun 2015 , reses ini juga menjadi ajang bertatap muka dengan para konstituennya.

“Anggota legislatif wajib memaksimalkan kesempatan reses untuk mengakomodir usulan masyarakat. Oleh karena itu, kami meminta seluruh kader Gerindra yang duduk di DPRD Kota Bekasi untuk bisa memanfaatkan momentum ini sebagai ruang komunikasi dengan konstituen,” ujar Irman ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/03/2015).

Irman mengungkapkan akan memberikan sanksi sesuai dengan aturan bila ada anggota fraksinya yang tidak menggelar reses. Namun lanjutnya, apabila nanti ada anggota fraksinya yang memberikan laporan fiktif, maka dirinya selaku Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi akan memberikan sanksi yang tegas.

“Sanksi awal adalah berupa teguran. Namun apabila ada anggota yang memberikan laporan fiktif, sanksi yang diberikan nanti akan sangat tegas sesuai dengan mekanisme internal partai,” ungkapnya.

Reses ini lanjutnya, merupakan momentum yang sangat tepat bagi para anggota legislatif untuk menegaskan jati dirinya sebagai perwakilan rakyat yang peka terhadap kepentingan rakyat yang diwakilinya. Oleh sebab itu, dirinya berharap penuh agar seluruh anggota fraksinya dapat meningkatkan kedekatan dengan masyarakat. Karena hanya dengan cara seperti itulah, maka secara politis kepercayaan masyarakat terhadap partai politik akan terbangun dengan kokoh.

Disamping menyerap aspirasi warga, manfaat lain dari reses menurutnya agar kedekatan emosional antara legislator dengan masyarakat bisa tetap terjaga dengan memahami serta mengetahui berbagai permasalahan yang sebenarnya terjadi di tengah masyarakat.

“Sesuai dengan amanat partai, seluruh kader Gerindra yang duduk di parlemen mesti berperan aktif dan peka terhadap pokok-pokok persoalan dan isu kerakyatan,” pungkasnya. (wok)