Industri Boneka Bekasi Siap Bersaing dalam AFTA 2015

Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu mengunjungi industri boneka asal Kota Bekasi.
Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu mengunjungi industri boneka asal Kota Bekasi.

BERITABEKASI.CO.ID, RAWALUMBU –  Wakil walikota Bekasi Ahmad Syaikhu mengatakan  kemitraan antara pelaku usaha dan pemerintah daerah menjadi keniscayaan dalam menghadapi pertarungan AFTA 2015. Untuk itu perlu sinergi antara Pemerintah Kota Bekasi dengan pelaku UMKM.

“Komunikasi harus terjalin dengan baik. Pemerintah daerah harus mendengar masukan dari pelaku usaha untuk memajukan UMKM. Pelaku usaha yang lebih paham terkait kondisi pasar. Pemerintah daerah tinggal dukung dari sisi apa,” katanya.

Ahmad Syaikhu hadir di lokasi pabrik boneka milik Anang Sujana untuk mengetahui keadaan UMKM Kota Bekasi yang nantinya akan dimasukan dalam program kerja tahun 2016. Sebagaimana diketahui saat ini Pemerintah Kota Bekasi sedang melalui tahap perencanaan program pembangunan 2016.

“Silahkan saja masukan dari pengusaha apa untuk membantuk UMKM kita berdaya saing. Apalagi sekarang sedang pembahasan perencanaan program 2016,” ujar politisi PKS ini.

Anang Sujana menyambut baik kehadiran Wakil Walikota di pabrik miliknya itu dengan menceritakan berbagai perkembangan industri boneka saat ini. Terlebih dengan adanya perhatian dari Pemkot Bekasi yang menurutnya meningkatkan hasil penjualan produk Bonekanya.

“Berkat standarisasi berlabel SNI pada produk kami yang diusahakan Pemkot, mampu meningkatkan hasil penjualan dan pesanan. Ini sangat kami hargai,” ungkap Anang.

Dirinya juga menjelaskan tentang perencanaan pengembangan industri boneka di Kota Bekasi. Ia bermimpi jika boneka produksi Kota Bekasi bisa menjadi primadona khas Bekasi. Selama ini boneka produksi Rawalumbu mampu bersaing dengan kualitas yang bagus.

“Waktu BBM naik, justru harga produk boneka kita diturunkan. Tapi pas harga BBM turun lagi, ya jadi bertahan. Biarpun begitu, usaha ini menjanjikan bahkan kita sudah bisa memindahkan konsumen Pasar Pagi ke Rawalumbu,” tambahnya.

Anang Sujana berencana menjadikan Rawalumbu sebagai sentra nasional pusat industri boneka. Bersama pengusaha boneka lainnya Anang sudah memiliki perencanaan untuk menjadikan Rawalumbu sebagai pusat industri Boneka nasional. (HMS/ito/goeng)