Presiden Jokowi: Besok Evakuasi Besar – Besaran

Air Asia
Air Asia

BERITABEKASI.CO.ID – Pihak Tim SAR berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat AIR ASIA QZ8501 pada hari ketiga pencarian, Selasa (30/12/2014). Setelah sebelumnya mendapatkan informasi dari para nelayan di sekitar Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Puing-puing pesawat juga ditemukan, hingga jenazah penumpang pesawat naas tersebut.

“Besok pagi, baik kapal maupun heli, dari laut maupun udara akan dilakukan pencarian besar-besaran,” kata Presiden Jokowi di Crisis Center, Bandara Juanda Sidoarjo, Selasa (30/12/2014).

Presiden Jokowi mengatakan, sudah memerintahkan Basarnas untuk mengerahkan semua kekuatannya. Termasuk, dari TNI maupun Polri yang sejak dinyatakan hilang pada Minggu lalu, turut membantu mencari.

“Saya memerintahkan Basarnas untuk melakukan operasi gabungan, untuk mencari pesawatnya maupun penumpang dan seluruh awak pesawat,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga meminta, semua fokus terlebih dahulu untuk evakuasi. “Saya perintahkan untuk fokus dalam rangka evakuasi penumpang dan awak pesawat,” tegasnya.

Jokowi juga sudah mengunjungi lokasi di Pangkalan Bun. Diakuinya, cuaca memang buruk. Gelombang bahkan mencapai 2 sampai 3 meter.