APPSI Minta Menteri Blusukan bisa Koordinasi dengan Daerah

Pertemuan antara Gubernur dan Presiden di Istana Bogor
Pertemuan antara Gubernur dan Presiden di Istana Bogor

BOGOR – Sejumlah Gubernur mengajukan komplain saat pertemuan antara Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dengan menteri dan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor Senin, 24/11/2014.

Salahsatu diantara Gubernur yang protes yakni, Syahrul Yasin Limpo. Gubernur Sulawesi Selatan ini mengajukan protes lantaran menteri Kabinet Kerja datang blusukan secara tiba-tiba ke wilayah mereka.

“Kami berharap, sebelum ke kabupaten, mungkin ada baiknya disampaikan ke kami dulu. Namun, Terimakasih menteri-menteri sudah turun ke bawah,” paparnya.

Kedatangan para menteri kata Syahrul Yasin Limpo, membuat para gubernur kelabakan. Karena mereka tak sempat mempersiapkan apapun.
“Kami takut ketinggalan kereta,” singkatnya disanbut dengan tepuktangan kepala daerah lainnya.

Acara yang berlangusng di Ruang Garuda Gedung Induk‎, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sejumlah menteri dari Kabinet Kerja yang nampak dalam kegiatan tatap muka itu yakni, ‎Menko Polhukam, Menko PMK, Mendagri, Menteri Agraria, Seskab, Kepala Bapenas, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Menteri Keuangan hingga Menteri PU dan Pera.

Para gubernur yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), meminta Presiden Joko Widodo segera mengucurkan dana Rp 1 triliun untuk satu provinsi.