Keriaan Bekasi 2014 Resmi Dibuka Walikota Bekasi

Walikota Bekasi Rahmat Effendi membuka secara resmi kegiatan Keriaan Bekasi dengan menggunting pita yang disaksikan oleh seluruh panitia dan masyarakat, Jum'at (28/11/2014).
Walikota Bekasi Rahmat Effendi membuka secara resmi kegiatan Keriaan Bekasi dengan menggunting pita yang disaksikan oleh seluruh panitia dan masyarakat, Jum’at (28/11/2014).

BERITABEKASI.CO.ID, BEKASI TIMUR – Walikota Bekasi Rahmat Effendy membuka Keriaan Bekasi yang dilangsungkan di sepanjang Jalan Hasibuan, Margahayu, Bekasi Timur, Jumat (28/11/2014).

Kehadiran Walikota Bekasi pada pembukaan Keriaan Bekasi disambut dengan seni dan budaya asli bekasi, mulai dari arak – arakan budaya, petasan, barongsai dan disambut dengan seni ujungan serta pameran produk asli khas Bekasi.

Ketua Pelaksana Keriaan Bekasi, Desy Wijaya mengatakan bahwa kegiatan dilangsungkan untuk membangkitkan budaya khas Bekasi sekaligus untuk melestarikannya.

“Perkembangan zaman dan era modern yang semakin pesat saat ini mengakibatkan budaya asli hampir di semua daerah meredup dan banyak ditinggalkan, begitupun di Kota Bekasi, sehingga kita wajib untuk melestarikannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Desy menuturkan bahwasanya Keriaan Bekasi adalah kegiatan rutin dan akan terus menjadi konsumsi publik, sehingga masyarakat Kota Bekasi mengakui dan mengenal budaya asli dan kembali ke jati diri sebagai warga Kota Bekasi.

“Budaya Bekasi mesti dilestarikan bersama, Bekasi memiliki budaya yang berbeda dari daerah lainnya,” tuturnya kepada beritabekasi.co.id disela – sela Keriaan Bekasi berlangsung.

Dirinya juga mengusulkan, agar Pemerintah Kota Bekasi dapat menjadikan kegiatan ini sebagai tradisi rutin yang dapat diselenggarakan tiap tahun.

“Kami sebagai penggagas Keriaan Bekasi menyerahkan kepada Pemerintah Kota Bekasi, terpenting kegiatan ini bisa diselenggarakan setiap tahunnya,” harapnya.

Dalam sambutannya, Walikota Rahmat Effendi mengaku menyetujui usulan yang digagas Alumni SMAN 1 Bekasi untuk menjadikan kegiatan Keriaan Bekasi menjadi agenda rutin untuk lebih memperkenalkan dan melestarikan budaya Bekasi.

“Kegiatan ini sangat positif dan perlu ada kegiatan yang menampilkan seluruh budaya Bekasi. Karena itu, Disporbudpar kedepannya dapat menggelar kegiatan ini secara rutin,” ucap politisi Partai Golkar ini.

Direncanakan Keriaan Bekasi akan dilangsungkan selama dua hari yakni 28-29 November 2014, dan pada malam hari ini akan digelar penampilan Wayang Kulit Bekasi dengan lakon Raden jaya Bekasi. (ton)