Pemkot Bekasi Kebut Sodetan Ke Banjir Kanal Timur

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Tri Adhianto.
Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Tri Adhianto.

BERITABEKASI.CO.ID, BEKASI TIMUR – Setelah mendapat persetujuan dari DKI Jakarta terkait izin penyodetan saluran ke Banjir Kanal Timur (BKT), Pemkot Bekasi akan segera melakukan penyodetan di tiga kecamatan yang alirannya langsung menuju BKT.

Sodetan rencananya akan dilakukan di Kecamatan Pondok Gede, Medan Satria dan Bekasi Barat. Khusus penyodetan di wilayah Medan Satria akan dilakukan oleh pengembang Hasana Damai Putra (HDP) dengan biaya dari pihak tersebut. Sementara sodetan lainnya akan dikerjakan dengan dana pemerintah Kota Bekasi dan bantuan pihak ketiga.

Kepala Disbimarta Kota Bekasi Tri Adianto mengatakan, Pemkot Bekasi juga merancang anggaran untuk melakukan sodetan ke BKT, jika tidak ada pihak ketiga yang sanggup melakukan proyek tersebut seperti yang dikerjakan HDP.

“Saat ini Dinas Binamarga dan Tata Air sedang mengerjakan pembangunan sodetan saluran dari Bintara ke BKT sepanjang 80 meter dengan biaya 28 miliar dari dana APBD. Hingga saat ini pengerjaan sodetan sudah mencapai 30% dan direncanakan selesai pada akhir tahun 2014.” ujarnya.

Tri menambahkan, khusus untuk sodetan di Kecamatan Pondok Gede biaya yang dikeluarkan lebih ringan, karena hanya mengalirkan dari saluran yang sudah ada ke BKT.

“Dengan pengerjaan saluran di tiga kecamatan tersebut di perkirakan dapat mengatasi 70% dampak banjir. Jadi saat banjir melanda Kota Bekasi dengan adanya sodetan ini maka titik banjir di Kota Bekasi yang terparah akan bisa teratasi dan kita terus merapihkan saluran air yang rusak seperti di Perumnas III Bekasi Timur,” pungkasnya. (wok)