Sambut Hari Batik, Dinsos Kota Bekasi Helat Pelatihan Membatik Bagi Penyandang Tuna Rungu

Salah satu peserta pelatihan sedang menjemur hasil karyanya didampingi oleh Kepala bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Dinas Sosial Kota Bekasi, Rita Hartati, Kamis (02/10/2014)
Salah satu peserta pelatihan sedang menjemur hasil karyanya didampingi oleh Kepala bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Dinas Sosial Kota Bekasi, Rita Hartati, Kamis (02/10/2014)


BERITABEKASI.CO.ID, KOTA BEKASI – Dalam rangka Hari batik nasional, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Sosial (dinsos) Kota Bekasi mengadakan kegiatan membatik yang diperuntukkan bagi para penyandang tuna rungu dan tuna wicara yang terdapat di Kota Bekasi, bertempat di Gedung Nahdlatul Ulama Cabang Kota Bekasi, Kamis (02/10/2014).

Rita Hartati, Kepala bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) mengatakan, ” kegiatan tersebut diatas merupakan salah satu agenda  yang dimiliki Dinsos Kota Bekasi, nama programnya “Kegiatan Pelayanan dan Rehabilitasi Penyandang Cacat Yang Miskin”,” tuturnya.

Ditambahkan oleh Kabid PMKS, kegiatan direncanakan berlangsung selama 10 hari yakni sejak 29 September sampai 08 Oktober 2014 dan diikuti oleh 40 orang lebih penyandang tuna wicara yang berasal dari seputar wilayah Kota Bekasi.

Pada kesempatan tersebut para penyandang disabilitas rungu wicara diberikan pelatihan dan memperagakan tata cara membatik yang baik dan benar. Selain itu, Rita Hartati mengungkapkan, ” Tujuan utama adalah memberikan bekal agar nantinya para penyandang rungu wicara memiliki keterampilan dan dapat bersaing dengan orang normal,” ungkapnya.

Diakui oleh Rita Hartati, walau sedikit banyak mendapatkan masalah komunikasi, akan tetapi secara keseluruhan para peserta sangat menyimak dan sangat teliti dalam membatik, bahkan kesabaran dan keuletan mereka menghasilkan batik yang sangat bagus. 

“Para peserta disabilitas rungu wicara yang berpartisipasi, adalah mereka yang tergabung dalam wadah Persatuan Penyandang Cacat Indonesia ( PPCI ) cabang Kota Bekasi,” pungkasnya. (Ton)