Pantai Cimaja, Kantongi Julukan Bali-nya Sukabumi

Pantai Cimaja, Sukabumi, Jawa Barat.
Pantai Cimaja, Sukabumi, Jawa Barat.

SUKABUMI – Panorama Pantai Cimaja yang indah dan ombak yang besar membuat Pantai Cimaja ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Banyak para Surfer mancanegara yang datang ke Pantai Cimaja.

Kontur pantai yang berbeda dengan pantai pada umumnya, menjadikan Pantai Cimaja sebagai objek wisata pantai sangat menarik untuk dikunjungi.

Jarak tempuh dari Jakarta ke Pantai Cimaja sekitar 120 kilometer, dan dari Bandung mencapai 203 kilometer. Berbeda dengan pantai-pantai di sekitar Pelabuhan Ratu yang ramai, pantai Cimaja cenderung lebih sepi dan bersih.

Hampir setiap akhir pekan, antara Jumat hingga Minggu kawasan pantai ini selalu dipenuhi oleh peselancar dari luar negeri maupun nasional, ini pula yang menjadikan Pantai Cimaja mengantongi predikat Bali-nya Sukabumi.

Pantai ini juga masuk di iklan salah satu merk rokok yang menyajikan petualangan luar biasa di seluruh penjuru Indonesia.

Keren sekali pengakuan dari iklan ini sampai Pantai Cimaja masuk di dalamnya. Kawasan di sekitar Pantai Cimaja juga menawarkan objek-objek wisata lain yang tak kalah menarik. Sebut saja, mata air panas di daerah Cisolok, air terjun Cicurug, kuil Dewi Kwan Im di Pantai Cipatuguran, hingga Gua Lalai yang menjadi rumah jutaan kelelawar.

Banyaknya objek wisata menarik di seputar Pantai Cimaja membuatnya kian ramai dikunjungi wisatawan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, semua objek wisata tersebut dapat dicapai dengan mudah karena jaraknya berdekatan.

Jika tertarik ke Pantai Cimaja, sebaiknya hindari akhir pekan. Tidak adanya rute alternatif menuju Cimaja membuat jalanan kerap diwarnai kemacetan. Selain itu, tingkat okupansi penginapan juga menjadi pertimbangan.