Rampak Beduk Meriahkan Suasana Idul Fitri di Bekasi

Rampak beduk meriahkan Idul Fitri 1435 H, di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi
Rampak beduk meriahkan Idul Fitri 1435 H, di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi

TAMBUN – Warga Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan nampak semangat menyambut datangnya Idul Fitri 1435 Hijriah. Enam beduk berjajar di bawah tenda, masing-masing bertuliskan RW 01, 02, 03, 04, 05 dan RW 06.

Kepala Desa Tridayasakti, Tambun Selatan, Suwardi menyebutkan, enam beduk itu mewakili RW yang ada di desanya dan ikut menjadi peserta  lomba rampak beduk.

“Ada enam RW di wilayah ini,” ujar Suwardi,  Sudah dua kali kami mengadakan kegiatan ini dan sengaja dilaksanakan untuk memeriahkan Idu Fitri,” ujar Suwardi menjelaskan kepada wartawan.

Satu orang menabuh beduk, sedangkan dua lainnya memukul kentongan dan badan beduk. Para peserta ini mengenakan kostum berseragam dan saat mereka mendapat giliran menabuh, para pemakai kostum ikut bergerak secara rancak dan riang.

Dalam perlombaan beduk ini, ada tiga kriteria penilaian dan ini menentukan siapa sang juara.  “Tahun lalu RW 04 yang dapat juara, selain irama yang dihasilkan bagus, suporternya juga banyak serta kostum yang dikenakan bagus,” katanya.

Ide ini memang usulan dari beberapa pengurus RW yang menginginkan ada suasana baru dalam idul fitri, apalagi berdekatan dengan bulan Agustus.

“Ini juga supaya warga tidak pergi kemana-mana,” lanjut Suwardi.