Kebutuhan Uang Lebaran Meningkat 15 Persen, Bank Indonesia Distribusikan Rp 115 Triliun

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, Bank Indonesia segera mendistribusikan uang kertas baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama hari raya Idul Fitri. Jumlah uang yang disebar mencapai Rp 115 triliun. Untuk pendistribusian uang kertas baru akan memanfaatkan 41 kantor cabang BI di seluruh Indonesia.

Selain itu, bank-bank swasta diajak bekerja sama untuk ikut menyalurkan uang baru. “Kerja sama BI dan bank-bank komersial kita lakukan, bahkan dengan lembaga non-bank untuk mendistribusikan itu,” ujarnya, Jumat (4/7).

Dari catatan otoritas moneter, kebutuhan uang baru untuk lebaran tahun ini akan meningkat. Jumlah Rp 115 triliun, diyakini Agus, sudah memadai dengan tren kenaikan permintaan tersebut. “Uang untuk lebaran, kita lihat dibanding tahun lalu ada peningkatan 15 persen,” kata Gubernur BI.

Kebutuhan uang tunai itu dipengaruhi kebiasaan masyarakat yang memberikan angpau, dan kebutuhan perusahaan memberikan uang Tunjangan Hari Raya (THR). Uang tunai yang disediakan BI akan terdiri atas uang nominal besar maupun kecil.