GT Bekasi Barat 3 Resmi Beroperasi, Kepentingan Bisnis atau Masyarakat Bekasi ?

Gerbang Tol Bekasi barat 3 (GT BB3) akan dibuka dan mulai dioperasikan pad Sabtu, 5/7/2014.
Gerbang Tol Bekasi barat 3 (GT BB3) akan dibuka dan mulai dioperasikan Sabtu, 5/7/2014.

JAKARTA – Humas PT.Jasa Marga Wasta Gunadi membenarkan gerbang tol Bekasi barat 3 (GT BB3) akan dibuka dan mulai dioperasikan pad Sabtu, 5/7/2014. Pembukaan GT BB3 tersebut menyusul adanya surat dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum kepada PT.Jasa Marga.
“Yes benar. Sabtu besok sekitar jam 13.00 WIB,” singkatnya dalam pesan BBM yang dikirim pada beriabekasi.co.id, Jumat 4/7/2014. “Ada surat yang ditujukan kepada kami untuk membuka pintu Ramp-3 Gerbang Tol Bekasi Barat,” tambahnya.

Di GT Bekasi Barat 3 itu tiga loket akan dioperasikan semua. Sementara untuk tarif tol, sama dengan GT Bekasi Barat 1. “Tarifnya sama kok dengan GT Bekasi Barat 1. Masyarakat pengguna jalan tol Jakarta-Cikampek sudah bisa melalui GT Bekasi Barat 3 mulai besok siang,” paparnya.

Sementara itu, Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Apriyanto juga mengungkapkan PT Jasa Marga masih terus meneliti apakah pembukaan itu murni untuk mengurai kemacetan, atau ada unsur bisnis lantaran akses keluar tol ini langsung ke pusat bisnis yang dibangun PT Metropolitan Land. “Apakah murni mengurai kemacetan ataukah ada yang berbisnis dari Ramp 3 Gerbang Tol Bekasi Barat, Kita lihat saja nanti,” tegasnya.

Sebelumnya pernah diberitakan, GT Bekasi Barat 3 ini menuai kontroversi lantaran akses keluar gerbang tol ini berada di tengah pusat perbelanjaan milik PT.Meetland, bukan melintasi kalimalang. Namun setelah diserahaterimakan GT Bekasi Barat 3 dari Presiden Direktur PT Metland, Nanda Widya, awal Juni 2014 dan diterima Rahmat Effendi, Walikota Bekasi, ternyata tidak langsung beroperasi, lantaran PT.Jasa Marga belum mendapatkan surat dari BPJT Kementerian PU. Di sisi lain, ternyata Pemerintah Kota Bekasi belum bersedia membayar devisit operasi.

 

(wok)