Potensi Produk dan Perdagangan Sulawesi Utara di Luar Daerah

EXPO PENGEMBANGAN INDUSTRI DAN PERDAGANGAN SULAWESI UTARA DI JAKARTA.
EXPO PENGEMBANGAN INDUSTRI DAN PERDAGANGAN SULAWESI UTARA DI JAKARTA.

JAKARTA – Terkait dengan Pelaksanaan EXPO PENGEMBANGAN INDUSTRI DAN PERDAGANANG yang dilaksanakan di Jakarta dari tanggal 19 – 21 Juni 2014 n Surabaya pada Tanggal 26-28 Juni 2014 memiliki tujuan untuk menampilkan berbagai keberhasilan Provinsi Sulawesi Utara di Tahun Emas (50 tahun) melalui produk-produk indusri dan perdagangan serta potensi Provinsi Sulawesi Utara yang dapat dikembangkan.

Posisi Sulawesi Utara yang terletak di Bibir Pasific (Pacific Rim) yang merupakan jalur perdagangan dunia dan pusat distribusi barang dan jasa memiliki posisi strategis bagi perkembangan Sulawesi Utara maupun Indonesia kini dan masa depan. Majunya Investasi Industri dan Perdagangan di semua sector di Provinsi Sulawesi Utara merupakan salah satu pendorong untuk mewujudkan Sulawesi Utara sebagai salah satu pintu gerbang baru di Asia Pasific.
Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melakukan berbagai aktivitas untuk dapat memajukan invetasi di semua sector termasuk di dalamnya melakukan promosi dalam bentuk pameran di dalam daerah, luar daerah bahkan sampai di luar negeri.

Dalam Koridor IV MP3EI Sulawesi Utara ditetapkan sebagai Pusat Produksi dan Pengolahan Hasil Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Migas dan Pertambangan Nasional. Berlomba dengan daerah lain untuk lebih cepat mewujudkan terealisasinya pelaksanaan MP3EI, Sulawesi Utara harus dapat memperlihatkan kesiapannya dalam mengembangkan sektor industri dan sektor perdagangan.
Terkait dengan hal tersebut saat ini di Provinsi Sulawesi Utara telah memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2014 dengan core bisnis Industri Perikanan, Industri Kelapa serta Logistik, disamping itu sedang dikembangkan pelabuhan Bitung menjadi Hub Internsional Port, pembangunan jalan toll Manado Bitung.

Kegiatan “EXPO PENGEMBANGAN INDUSTRI DAN PERDAGANGAN SULAWESI UTARA DI JAKARTA” yang dilaksanakan di Gandaria City-Piaza terbuka untuk umum yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Dr. Djouhari Kansil, M.Pd. selain pameran dan kegiatan seni budaya juga diadakan acara seminar /talkshow. Para peserta dalam pameran adalah dari seluruh sektor Terkait industri dan perdagangan yang terpilih mewakili Provinsi Sulawesi Utara.
(wok)