GT Bekasi Barat 3 Bisa Dibuka, Asal…, Walikota Bekasi Merayu Menteri PU

Gerbang Tol Bekasi Barat 3 yang belum beroperasi hingga saat ini, Jumat, 13/6/2014.
Gerbang Tol Bekasi Barat 3 yang belum beroperasi hingga saat ini, Jumat, 13/6/2014.

JAKARTA – Humas PT jasa Marga (Persero) Tbk, Wasta Gunadi menegaska, pihaknya tidak akan menghambat dioperasikannya gerbang tol Bekasi Barat 3, asal! Walikota Bekasi bisa merayu Menteri Pekerjaan Umum. Kembali dijelaskan Wasta, untuk pelaksanaan operasinya gerbang tol tersebut pihaknya terbentur surat keputusan bernomor JL.01.03-Mn/78 tertanggal 3 Maret 2011.

Dalam surat keputsan Menteri PU pada point 3 sudah dijelaskan seluruh biaya yang ditimbulkan dalam persiapan dan pembangunan penambahan gerbang keluar (off ramp) Bekasi Barat tersebut menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Bekasi serta bertanggung jawab atas biaya subsidi operasi dan pemeliharaan apabila terjadi defisit pada saat pengopeasiannya. “Kami terbentur dengan surat itu, ada kemungkinan jika Pemkot Bekasi dalam hal ini Walikota Bekasi bisa merayu Menteri PU, mudah-mudahan GT Bekasi Barat 3 bisa cepat dibuka,” jelasnya, Jumat, 13/6/2014.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Bekasi, Sudiana menegaskan, agar PT Jasa Marga tidak membebankan biaya devisit operasi GT Bekasi Barat 3 kepada Pemkot Bekasi saja. “Kita minta agar beban biaya yang diminta PT Jasa Marga jangan hanya Pemerintah Kota Bekasi yang menanggungnya,” pungkasnya.
Menurutnya, Walikota Bekasi sudah minta izin ke PT Jasa Marga terkait gerbang tol bekasi barat 3. Walikota juga sudah bersurat ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU).