Nama “Pasar Pocong” Berawal Dari Mitos

 

Ilustrasi
Ilustrasi

BERITABEKASI.CO.ID –  Di daerah perbatasan antara Bekasi dan Bogor ada sebuah pasar tradisional yang namanya aneh dan unik, nama pasar yang terletak di daerah villa nusa indah – Bojong Kulur, Gunung Putri Kabupaten Bogor menggunakan nama yang terdengar aneh dan  tidak lazim yaitu “Pasar Pocong”.

Awalnya nama Pasar Pocong adalah Pasar Bojong Kulur,  yang merupakan pasar satu-satunya di Desa Bojong Kulur dan menjadi urat nadi perekonomian warga desa sekitar.

Menurut beberapa nara sumber,dahulu kala mungkin menurut warga  ada mitos  hantu pocong  yang sering muncul atau berkeliaran di daerah tersebut.  Akhirnya melekat pada nama pasar Bojong Kulur berubah nama  dengan sebutan Pasar Pocong !!!

Tapi asal usul penamaan pasar pocong masih tanda tanya, karena info yang di himpun masih simpang siur adanya tentang penamaan pasar pocong itu, karena orang yang mengetahui sejarahnya hampir semua sudah tidak ada lagi!!!.

Kini yang tertinggal hanya bukti sejarah, yaitu Pasar Pocong yang  masih tetap ada dan  eksis ditengah perumahan Vila Nusa Indah menjadi tempat belanja masyarakat Desa Bojong Kulur, Gunung Putri Kabupaten Bogor.