Coca-Cola Amatil Indonesia Peringati Hari Bumi di 5 Kota

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Peringati Hari Bumi di 5 Kota di Indonesia.  (foto:ist)
Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) Peringati Hari Bumi di 5 Kota di Indonesia. (foto:ist)

JAKARTA – Head of Corporate Communications, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI), Putri Silalahi menjelaskan, peringatan Hari Bumi yang dilakukan setiap tanggal 22 April dapat dijadikan ajang untuk merefleksikan kepedulian terhadap lingkungan dan cara-terbaik untuk menjaga serta melindungi bumi.

Sebagai perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan produk Coca-Cola di Indonesia, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) mengambil kesempatan ini untuk melanjutkan komitmennya dalam program Company Social Responsibility (CSR), mengkampanyekan pentingnya pelestarian bumi bagi kelangsungan hidup saat ini dan generasi yang akan datang. “Kami percaya bahwa sukses dapat diraih melalui cara kami mengintegrasikan pertimbangan sosial dan lingkungan ke dalam aktivitas-aktivitas inti bisnis kami. Sebagai perusahaan global yang mempunyai akar lokal, kami selalu berkomitmen untuk membuat perubahaan yang positif di tengah-tengah komunitas di mana pun kami berada, sekaligus bekerjasama dengan partner-partner bisnis lokal dan mendorong karyawan kami untuk terlibat secara aktif dalam perubahan positif ini,” ungkap Putri.

Didasari komitmen ini, CCAI melakukan serangkaian aksi peduli lingkungan di berbagai area operasi di seluruh Indonesia seperti Bali, Semarang, Bandung, Medan, dan Lampung. Aksi ini bertujuan untuk terus meningkatkan kesadaran lingkungan dikalangan karyawan, dan terutama, masyarakat yang tinggal di sekitar unit operasi CCAI.

Di Bali misalnya, peringatan Hari Bumi dilakukan pada tanggal 19 April 2014 dengan cara menggelar aksi bersih-bersih pantai. CCAI bekerjasama dengan Garuda Indonesia dan Quiksilver serta Perwakilan Hotel di area Pantai Kuta: Hard Rock Hotel, Harris Hotel, Mercure Kuta, Grand Inna, Kuta Paradiso juga Komunitas Peduli Pantai Bali Bersih, berhasil mengumpulkan lebih dari 600 peserta untuk turut serta dalam kegiatan bersih-bersih pantai Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, dan Kedonganan, serta berhasil mengumpulkan sampah lebih dari 3,000 kg. Acara ini terlebih dahulu didahului dengan kegiatan sosial aksi donor darah, dengan target mengumpulkan 15.500 cc darah bagi masyarakat sekitar, dan penggalangan ikrar serta komitmen untuk lebih mencintai bumi yang dituliskan oleh lebih dari 200 karyawan CCAI Balinusa.

Bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro dalam kegiatan bertema “Earth in our Hand,” CCAI Bawen, Jawa Tengah, pada tanggal 20 April 2014 melaksanakan seminar dan talk show mengenai konservasi energi dan parade dengan orasi dan teatrikal mengenai kondisi bumi saat ini. Selain itu, bertempat di Pabrik Cola-Cola di Bawen, peringatan Hari Bumi 2014 dilaksanakan secara internal pada Jumat 24 April nanti dengan aksi donor darah, dengan target mengumpulkan lebih dari 100 kantong darah, serta penanaman pohon di area sumber air sekitar pabrik Coca-Cola.

Di Bandung, rangkaian kegiatan Hari Bumi dilakukan oleh CCAI Bandung Plant bersama warga sekitar pabrik dengan melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul jebol. CCAI memberikan support berupa karung bekas sebanyak 120 pcs. Masih dalam rangka
rangkaian peringatan Hari Bumi, perwakilan karyawan CCAI dan warga RW 01 Desa Cihanjuang kembali mengadakan kerja bakti
untuk membersihkan area sekitar lingkungan tempat tinggal warga dan juga bantaran sungai yang berada di belakang Pabrik
CCAI. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian serta perhatian CCAI dalam menjaga lingkungan area operasi
agar tetap bersih, nyaman dan sehat.

Sementara itu kata Putri, rangkaian Hari Bumi di Medan, CCAI Medan Plant bersama  Pemkot Medan menggelar kegiatan CLEAN UP DAY yang melibatkan kurang lebih 300 orang. Kegiatan yang dirancang bersama untuk mengugah dan menginspirasi semangat untuk tetap menjaga kebersihan untuk kelestarian lingkungan di setiap wilayah hunian warga kota di Medan. “Acara yang dipusatkan di Martubung, Kecamatan Medan Labuhan pada tanggal 25 April nanti diikuti oleh perangkat Pemkot Medan. Dalam kesempatan ini juga CCAI melakukan simbolis serah terima tempat sampah inspirasi untuk bumi  kepada Walikota Medan yang selanjutnya akan ditempatkan di setiap kantor kecamatan di Kota Medan, serta penanaman pohon buah di halaman Kantor Walikota,” paparnya lagi.

Di Lampung, CCAI akan memperingati Hari Bumi pada tanggal 1 Mei 2014 bertempat di Desa Sukanegara, Kecamatan Tanjung Bintang. Dalam kesempatan ini akan dilakukan penghijauan dengan menanam tanaman buah di sekitar rumah warga. Selain itu,
CCAI juga akan menempatkan beberapa tong sampah di area zone 1 untuk mengedukasi publik akan pentingnya menjaga kebersihan mulai dari lingkungan terdekat.

“Kami memahami bahwa berbagai program yang kami lakukan mungkin hanya membantu sebagian kecil dari keseluruhan masalah lingkungan yang ada di bumi kita, dan kami juga menyadari kami tidak dapat melakukan segala hal sendiri. Namun kami sangat percaya dengan adanya kolaborasi antara Perusahaan, Pemerintah, dan Masyarakat, kita akan bisa menciptakan sebuah perubahan dan solusi terbaik dalam menciptakan masa depan yang berkesinambungan. Kami akan terus berinovasi dan menginspirasi orang-orang untuk berpikir dengan cara yang berbeda, baik mereka yang ada di dalam, maupun di luar perusahaan kami. Kami meyakini bahwa saat kegiatan bisnis dapat membantu membentuk perubahan sosial, maka perubahan sosial itu juga akan berdampak baik bagi bisnis tersebut,” tutup Putri.