255 Juta Pengguna Twitter Aktif, Kalahkan WhatsApp dan Facebook

Belum lama ini Facebook mencatat 1,28 miliar pengguna aktif bulanan, sementara WhatsApp memiliki setengah miliar pengguna aktif. Lantas bagaimana dengan Twitter? Saat ini situs microblogging tersebut telah memiliki 255 juta pengguna, tapi sayangnya aktivitas yang tercatat menurun dari tahun ke tahun. 

Seperti yang diungkapkan Twopcharts pekan lalu bahwa 44 persen pengguna Twitter tidak pernah berkicau.

Hari ini Twitter telah memposting pertumbuhan pengguna dan kondisi financial yang tampak solid. Tercatat USD 250 juta pendapatan, dua kali lipat pada kuartal yang sama tahun lalu. 

Namun di sisi lain, perusahaan juga melaporkan rugi bersih sebesar USD 132 juta selama periode tersebut, lebih dari 4 kali lipat pada kuartal pertama tahun 2013. Namun, bukan kondisi keungan yang tampaknya menjadi perhatian para investor. Mereka lebih melihat pada pertumbuhan pengguna. 

Twitter berhasil menambahkan 14 juta pengguna baru, sehingga total 255 juta pengguna aktif. Engagement juga tampak meningkat.

Meski demikian jumlah timeline view masih di bawah tahun 2013. CEO Dick Costolo mengatakan jika penurunan timeline view ini terjadi karena perubahan produk. 

Twitter memiliki tantangan ke depan, yaitu bagaimana berhubungan dengan konsumen mainstream dan meningkatkan pertumbuhan pengguna.

Pada kuartal terakhir Twitter menunjukkan kondisi keuangan yang meningkat, namun pertumbuhan pengguna stagnan dan penurunan user engagement. 

Costolo menyebut event-event besar seperti Oscar, Olimpiade dan Super Bowl sebagai driver utama dari pertumbuhan iklan Twitter. Perusahaan mencatat lebih dari 3 miliar view dari tweet yang berkaitan dengan Oscar pada 48 jam setelah event berlangsung.

(B8/Red)