Mobil Murah Milik Pemkab Bekasi Dilelang

Cikarang,  Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, segera melelang sejumlah mobil dinas yang sudah memasuki masa uzur yang diagendakan berlangsung pada pertengahan April 2014.

 

 
“Saat ini kami masih menginventarisasi seluruh aset tersebut. Karena masih banyak kendaraan operasional yang dipakai pensiunan pejabat hingga berada di luar Kabupaten Bekasi,” kata Asisten Daerah (Asda) III Kabupaten Bekasi, Juhandi, di Cikarang, Sabtu, 30 Maret 2014.

Menurut dia, agenda lelang diperkirkan berlangsung pascaPemilu Legislatif 9 April 2014 mendatang.

Proses lelang akan melibatkan tim independen dan dari Pemerintah Provinsi Jabar.

Sedangkan proses inventarisir data sudah dibentuk tim dari aset Dinas Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah dan Rumah Tangga Pemerintahan Kabupaten Bekasi.

Tim independen ini, kata dia, bertugas untuk menilai kendaraan operasional yang layak dilelang, lalu mendata jumlah kendaraan operasionalnya.

Menurut Juhandi, pelelangan kendaraan operasional dilakukan agar memudahkan pengajuan pengadaan lainnya. Sehingga aset yang lama mesti disusutkan terlebih dahulu.

“Kalau kita mengajukan apapun, mesti melihat dulu aset yang lama seperti apa,” katanya.

Dikatakan Juhandi, upaya penarikan mobil dinas dari sejumlah mantan pejabat bukan merupakan hal mudah meskipun pihaknya telah dibekali surat resmi dari Pemkab Bekasi.

“Kalau misalnya belum diberikan juga, bisa dilakukan pemaksaan,” katanya.

Jika ada mobil dinas yang hilang selama dipergunakan para pensiunan PNS, kata dia, maka Pemkab Bekasi akan meminta pemakaianya untuk bertanggung jawab.

“Kendaraan operasional tersebut masih milik pemerintah. Kalau mobil dinas dihilangkan pensiun mesti bertanggung jawab. Tetapi harus ada prosedurnya juga,” katanya.